Sunday, December 18, 2022

Ancaman Kehidupan

Mendekat kepada Tuhan
Catatan Ibadah ke-1 Minggu 18 Des 2022

Beberapa orang yang cinta harta dan tahta memang suka mengancam. Aku pun sering diancam iblis. Dia memang punya banyak anak buah, tetapi aku juga punya banyak pengawal sekalipun aku bukan Pangeran Harry.

Mazmur 34:8 Malaikat TUHAN berkemah di sekeliling orang-orang yang takut akan Dia, lalu meluputkan mereka.

Aku pun sering diancam iblis dengan berbagai fakta suram atau jalan buntu. Namun, pada momen semacam inilah aku justru menemukan Gunung Batu Keluputan.

* Ancaman: Kalau kamu resign, aku akan menjelek-jelekkan namamu di depan orang lain.
Respon: Oh, biarkan saja dia karena aku percaya hanya orang jelek yang suka membicarakan kejelekan orang lain.

* Ancaman: Kalau dia tidak mau bekerja padaku tiap libur kerja di hari Sabtu, sisa gajinya akan kutahan. Respon: Eh, gajinya malah dicairin sama Tuhan.

* Ancaman: tidak bisa langsung keluar dari perusahaan (harus mengundurkan diri dua bulan sebelumnya). Faktanya, ada yang menunggu hingga lima tahun, tetapi belum bisa keluar karena ijazah ditahan.
Respon: Wah, saat itu aku malah diusir keluar dan harus pulang pagi itu juga begitu kusodorkan surat pengunduran diri. Ijasah pun dikembalikan tanpa susah payah. Mungkin inilah yang dirasakan oleh Musa saat dia diusir oleh Firaun. Senangnya bukan main walaupun gurun menanti ... xixixi ...

* Ancaman: tidak bisa keluar seumur hidup karena salah transfer.
Respon: Ah, bisa lolos juga nih karena dikondisikan oleh Tuhan.

Selain ancaman kebebasan itu, aku juga pernah menghadapi ancaman kekeringan dan ancaman kehilangan nyawa orang terkasih. Namun, Tuhan masih meluputkan. Alhasil, kepingan kisah hidupku bagaikan roti yang harus dipecah-pecahkan kepada beberapa orang yang senasib denganku, tetapi berbeda masanya. Jika aku ditolong Tuhan, kalian juga bisa ditolong Tuhan.

Mungkin ini sebabnya Yesus menyebut diri-Nya sebagai roti yang turun dari sorga. Yesus sering membagikan cerita kehidupan atau hikmat-Nya yang disajikan dalam bentuk perumpamaan.

SEPANJANG HARI KUNIKMATI
Sepanjang hari kunikmati pertolongan dari Tuhan. Kurasakan kelimpahan berkat-Mu oh Tuhan.
S'gala jalan yang Kau tunjukkan membawa pada kehidupan. Kurasakan kasih Tuhan pulihkan jiwaku.
Kubersyukur s'bab Roh Kudus t'lah menuntun hidupku. Kucinta Kau Yesus Tuhan. Kucinta Kau Yesus Tuhan. Sungguh Kau s'galanya bagiku.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.