Sunday, September 10, 2023

Mengandalkan Manusia - Pdt. Debby Basjir

Catatan Ibadah ke-1 Minggu 10 Sept 2023

Yeremia 17:5 (TB) Beginilah firman TUHAN: "Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN!

Tuhan menyampaikan hal itu kepada bangsa Israel karena mereka menyembah berhala dan menjauh dari Tuhan.

Seringkali kita berpikir bahwa orang yang terkutuk adalah orang-orang di bawah pohon yang menyembah setan dan orang-orang yang menyembah patung. Namun, ayat tersebut menyatakan bahwa orang yang terkutuk adalah orang yang mengandalkan manusia dan kekuatannya sendiri serta hatinya jauh dari Tuhan.

Ketika kita punya masalah, siapa yang akan kita cari terlebih dahulu? Teman kita atau Tuhan? Ketika membutuhkan uang, siapa yang akan kita cari terlebih dulu? Tuhan atau cari orang yang mau memberi pinjaman? Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia.

Selama mengikut Tuhan hidup bu Debby sering susah dalam hal keuangan. Ketika pandemi, dia baru menyadari bahwa mereka terlalu bergantung kepada Tuhan dan tidak memiliki gaji tetap. Maka, saat itu bu Debby menggesek kartu kreditnya untuk mengambil sejumlah uang agar bisa melunasi cicilan rumah.

Namun, dia tidak bisa membayar tagihan kartu kredit tersebut sehingga rumahnya didatangi debt collector. Sekalipun Kristen, penagih hutang ini menagih dengan kasar hingga menendang pintu rumahnya.

Tetangga berkata, "Kalau dia sampai datang lagi, aku akan mengusirnya." Namun, bu Debby menjawab, "Biarkan saja karena saya memang bersalah." Lalu bu Debby bertanya kepada Tuhan, "Kenapa Kau permalukan aku seperti ini? Bagaimana dengan harga diriku?"

Tuhan menjawab, "Berapa harga dirimu? Kau belum dipermalukan seperti Yesus yang diludahi dan dihina di muka umum." Bu Debby pun tersadar dan berkata, "Jadilah seperti kehendak-Mu."

Setelah kejadian tersebut bu Debby tidak mau lagi berhutang dan dia memberi banyak konseling terkait hutang. Dia tidak mau lagi ditawari kartu kredit. Katanya, "Karena sudah mau kiamat."

Dia sudah menyadari bahwa kartu kredit hanyalah alat tukar pengganti uang tunai, tetapi tetap harus dibayar sebulan kemudian. Jika pakai kartu kredit 5 juta Rupiah, bulan depan harus tetap bayar 5 juta Rupiah agar tidak kena bunga berbunga.

Jangan berhutang! Banyak orang berhutang karena banyak gaya. Menurut hukum Fisika, tekanan sebanding dengan gaya. Jadi, kalau banyak gaya, pasti banyak tekanan. Oleh karena itu, jangan banyak gaya! Jika ada hutang segera lunasi agar saat rapture (pengangkatan) malaikat tidak menurunkanmu kembali sambil berkata, "Lunasi dulu hutangmu!"

Yeremia 17:6 (TB) Ia akan seperti semak bulus di padang belantara, ia tidak akan mengalami datangnya keadaan baik; ia akan tinggal di tanah angus di padang gurun, di negeri padang asin yang tidak berpenduduk.

Orang yang terkutuk akan seperti semak bulus, hidupnya tidak berarti. Sekalipun uangnya banyak, hidupnya tidak bahagia. Ada orang kaya yang senyumnya selalu ditahan karena takut kehilangan wibawa. Padahal, kalau wibawa jatuh, bukankah hanya perlu dipungut lagi?

Mengandalkan Uang

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.