Sunday, September 10, 2023

Mengandalkan Uang - Pdt. Debby Basjir

Mengandalkan Manusia
Catatan Ibadah ke-1 Minggu 10 Sept 2023

Jangan beranggapan bahwa orang miskin pastilah orang yang dikutuk karena faktanya uang tidak menjamin kebahagiaan. Orang yang terkutuk adalah orang yang lebih mengandalkan uang daripada Tuhan. 

Ada orang yang mencemaskan proyeknya senilai ratusan miliar padahal uang di tabungannya masih ada puluhan miliar. Kata bu Debby, "Bapak harus belajar kepada tukang ojek. Uang yang ada di tabungan mereka tidak sebanyak uang bapak, tetapi mereka bisa bahagia."

Ada pula bapak yang mengeluh karena selalu ribut dengan istri dan anaknya. Sekalipun mobilnya 7 miliar, tetap saja dia miskin karena tidak bisa bahagia. Tukang ojek saja bisa tertawa lebar hingga lalat bisa masuk ke dalamnya. Namun, orang yang mengandalkan uang tidak akan mengalami keadaan baik.

Sekaya apapun kita dan sebanyak apapun uang kita, tetap saja kita hanya bisa makan tiga kali sehari. Siapa yang sanggup makan empat porsi sekaligus dalam sekali makan? Hampir tidak ada.

Dulu bu Debby susah hingga tak bisa membeli Starbucks. Namun, ketika sudah mampu membeli Starbucks, mereka malah tidak bisa membelinya karena harus diet. Mumet toh hidup ini.

Bu Debby diet agar badannya tidak berat. Namun, dia melihat bapak-bapak yang berperut besar, seperti hamil 12 bulan. Hidup mereka tuh pasti berat. Kenapa ditambah beban perut yang berat? Ketika hamil 9 bulan, bu Debby merasa berat dan berharap pergumulannya segera berakhir. Bagaimana mungkin bapak-bapak itu malah membawa beban berat seumur hidupnya?

Matius 11:28-30 (TB) Marilah kepada-Ku semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan.

Suatu hari dia ditelepon untuk mengambil sepatu LV. Ketika dia datang ke tempat LV untuk mengambil sepatu itu, satpam memperhatikannya dengan curiga dari atas ke bawah. Ini karena kebanyakan pelanggannya memakai barang-barang bermerk.

Terkadang satpam itu sombong juga padahal mereka pun tidak mampu membelinya. Nah, setelah bu Debby mengatakan bahwa dia diminta datang untuk menemui seseorang di sana, dia langsung dipersilahkan masuk.

Orang-orang yang antri di sana mungkin berpikir bahwa dia pelanggan VIP. Faktanya bukan. Ketika di sana bu Debby melihat tas LV yang harganya 68 juta Rupiah. Ketika akan membelinya, Roh Kudus berkata, "Uang segitu bisa untuk membangun sebuah pastoral."

Dulu mau beli tas LV tidak punya uang. Eh, setelah punya uangnya malah dilarang beli oleh Roh Kudus. Ini sebabnya Paulus mengatakan bahwa dirinya adalah tawanan Roh. Secara daging, bu Debby kecewa karena tidak bisa membelinya. Namun, secara Roh dia merasakan sukacita.

ALLAH SUMBER KUATKU
Hanya Kau milikku di surga. Tiada yang ku ingini di bumi, hanya Kau. Tak kuandalkan kekuatanku. Namun, yang pasti Kau tetap selamanya.
Reff: Allah sumber kuatku. Allah sumber kuatku. Allah sumber kuatku dan bagianku selamanya.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.