Monday, March 30, 2015

ARTINYA APA Yach??

Tadi pagi jadi lapar istilah karena tiba-tiba aja teringat akan doa yang sering diucapkan oleh ps.Jusuf Soetanto pada saat menutup ibadah: "Semoga hikmat dan 'Marifat' Allah Bapa menyertai kita sampai 'Maranatha'............"
"Setiap hari umur kita berkurang satu hari sehingga harus bertambah bijak setiap hari." ~anonim~
**Cari Tahu Arti Marifat**
Menurut KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA, Edisi Kedua Cetakan Kelim 1995, Balai Pustaka :
Makrifat/ Marifat :
1. pengetahuan
2. tingkat penyerahan diri kepada Tuhan, yang naik setingkat demi setingkat sehingga sampai kepada tingkat keyakinan yang kuat bermakrifat:
a. memikirkan dalam-dalam, bertafakur
b. tahu benar
(http://www.sarapanpagi.org/tahu-pengetahuan-marifat-hikmat-vt199.html)

**Cari Tahu Arti Maranatha**
Istilah nama “Maranatha” ini merupakan ungkapan (seruan) yang artinya: “Datanglah Tuhan!”. Muncul di dalam 1 Korintus 16:22
“Siapa yang tidak mengasihi Tuhan, terkutuklah ia. Maranatha!”
dan seruan ini secara implisit muncul dalam Wahyu 22:20. Jadi, “Maranatha” menekankan kerinduan gereja pada kedatangan Tuhan Yesus kedua kalinya (parousia).
(http://wartamaranatha.blogspot.com/2010/03/gerejaku-maranatha.html)

**Cari Tahu Kepanjangan ps., pdt., pdm., pdp.**
Ps. : pastor
Pdt. : pendeta
Pdm. : pendeta muda
Pdp. : pendeta pembantu

Lalu timbul pertanyaan seperti ini : "Lho? Pastor itu 'kan jabatan Katolik? Kenapa pendeta Kristen memakai jabatan itu?"

Pertama-tama harus dipahami bahwa istilah Pastor, Pendeta, dsb BUKANLAH GELAR, melainkan JABATAN. Makanya dalam Kartu Kependetaan yang dimiliki oleh seorang Pendeta biasanya tertulis : KARTU JABATAN 'PENDETA bukan KARTU GELAR PENDETA.

Di Indonesia sudah terjadi Salah Kaprah Parah, Bahwa kata "PASTOR" selalu dipandang sebagai dari Katolik. Padahal sebenarnya yang bener, kata PASTOR berarti Pendeta/Gembala. Mau dipakai Kristen maupun Katolik, sama aja. Asal dia memimpin umat/sebuah jemaat.

Di luar negeri kata PASTOR banyak dipakai Pendeta Kristen, sedangkan Romo Katolik malah banyak memakai kata "PATER" atau "FATHER". Bahkan, di Indonesia kata PATER (Father/Bapa) malah diterjemahkan ke dalam bahasa Jawa menjadi ROMO (kata Romo sendiri artinya adalah BAPAK).


(http://juankristen.blogspot.com/2012/03/jabatan-pastor-itu-istilah-katolik-atau.html)

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.