Sunday, November 5, 2023

Merespon Janji Tuhan ~ Ps. Frederick Abel

Mendapat Janji Tuhan
Catatan Ibadah ke-1 Minggu 5 Nov 2023

1 Samuel 3:11 (TB) Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Samuel: "Ketahuilah, Aku akan melakukan sesuatu di Israel, sehingga setiap orang yang mendengarnya, akan bising kedua telinganya.

Jika pada panggilan ketiga Samuel tetap tidak merespon, kemungkinan besar Tuhan tidak akan berbicara kepadanya. Tuhan tidak akan berkata, "Ketahuilah Aku akan melakukan hal yang besar" jika Dia tidak mendapat respon.

Memperhatikan, mendengar, dan mengikuti rencana Tuhan harus dilakukan secara rohani, bukan secara agamawi. Jika kita melakukannya secara agamawi, kita tidak akan menikmati berkat janji Tuhan. Jika kita melakukannya secara rohani sebagai makhluk roh, kita bisa menikmati kelimpahan berkat janji Tuhan. Tuhan adalah Roh sehingga kita harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran.

Ada orang non Kristen yang datang ke gereja ini. Ketika pujian dan penyembahan berlangsung, dia dijamah oleh Tuhan. Ketika kita melakukan sesuatu untuk Tuhan, mungkin kita tidak melihat hasilnya. Namun, ketika kita sudah bersungguh hati melayani-Nya, sesuatu pasti terjadi seperti hal tersebut. Selesai ibadah orang tersebut langsung minta dibaptis. Dia langsung percaya kepada Yesus ketika mendengar lagu pujian dan penyembahan. Hal ini pun membuktikan bahwa Tuhan masih bekerja di gereja ini.

Seseorang membuat penelitian terkait perbedaan agamawi dan rohani (spiritual). Agamawi bersifat transaksional. Jika aku melakukan sesuatu, aku dapat apa? Atau aku sudah melakukan sesuatu, kenapa aku tidak mendapat apa-apa.

Sementara itu, rohani bersifat men-transformasi atau mengubahkan. Mungkin saja kita mengalami gesekan, tetapi kita tetap melayani Tuhan. Lalu tanpa disadari kita makin sabar. Jadi, rohani akan mengubahkan kita. Agamawi juga bersifat membatasi, sedangkan rohani memerdekakan.

Mungkin ada yang menerima janji, "Kau akan menjadi kepala dan bukan ekor, tetap naik dan tidak turun." Namun, sampai sekarang malah belum menikmati janji ini karena diam saja dan tidak menjawab panggilan Tuhan. Jadi, untuk memperoleh janji itu, jawablah panggilan-Nya.

1 Samuel 3:19 (TB) Dan Samuel makin besar dan TUHAN menyertai dia dan tidak ada satu pun dari firman-Nya itu yang dibiarkan-Nya gugur.

Karena menjawab panggilan Tuhan, Samuel makin besar dan tidak ada firman-Nya yang gugur. Ini berarti Samuel bukan hanya mendengar, tetapi dia telah melaksanakan rencana Tuhan.

JANJI-MU SEPERTI FAJAR
Ketika kuhadapi kehidupan ini, jalan mana yang harus kupilih? Kutahu ku tak mampu. Kutahu ku tak sanggup. Hanya Kau Tuhan tempat jawabanku.
Aku pun tahu ku tak pernah sendiri s'bab Kau Allah yang menggendongku. Tangan-Mu membelaiku. Cinta-Mu memuaskanku. Kau mengangkatku ke tempat yang tinggi.
Reff: Janji-Mu seperti fajar pagi hari dan tiada pernah terlambat bersinar. Cinta-Mu seperti sungai yang mengalir dan kutahu betapa dalam kasih-Mu.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.