Sunday, February 26, 2023

Orang-orang Sulit

Dipanggil Melayani
Catatan Ibadah ke-1 Minggu 26 Februari 2022

Beberapa hari lalu Ran Molari mengirim pesan WA kepada Conan Adagawe, "Nanti malam bisa kutelepon? Mau nanya suatu kasus." Namun, Conan tak jua menjawab. Maka, dia berpikir bahwa Conan benar-benar masih banyak gawe (pekerjaan).

Sebelumnya Ran pernah meminta Conan untuk membantu cecenya, tetapi dia tidak mau karena kurang akrab dengan cecenya. Hmm ... cece kandungnya aja tidak dibantu, apalagi cece ketemu gede. Mungkin dia memang lebih suka membantu koko-koko.

Maka, Ran berpikir untuk meminta bantuan Genta Ampyang, koko temannya Conan yang berada satu kapal dengan Ran. Beberapa jam kemudian Genta nongol dan Ran menceritakan sekilas masalahnya. Kemudian Genta mengatakan bahwa dia mau menumpang 'mobil Ran' lagi dan hal itu bisa dibahas nanti.

Lalu Ran kembali mengirim pesan kepada Conan, "Tidak jadi. Aku bertanya kepada temanmu saja. Nanti mau pulang bersama." Namun, Ran tidak mau membahas masalah itu di depan sopir sehingga dia kembali mendatangi Genta pada waktu yang tepat. Dia pun menceritakan detail masalahnya. Lantas Genta bertanya, "Kamu sudah bertanya kepada Conan?"

Ran langsung menjawab bahwa Conan pasti sibuk dengan pekerjaannya itu. Maka, Genta berkata, "Kalau begitu, aku saja yang bertanya kepadanya." Hehehe ... Ran tidak meminta Genta bertanya kepada Conan, tetapi otomatis Genta sendiri yang menawarkan diri untuk bertanya kepada Conan karena kasus tersebut memang sesuai keahlian Conan.

Memang banyak jalan menuju Roma. Jika satu jalan sulit dilalui, kita bisa beralih ke jalan lain. Jangan terfokus kepada jalan yang sulit. Jika perlu memutar jalan, putar aja, seperti bangsa Israel yang diajak Tuhan memutar jalan agar terhindar dari kesulitan.

Keluaran 13:17 (TB) Setelah Firaun membiarkan bangsa itu pergi, Allah tidak menuntun mereka melalui jalan ke negeri orang Filistin, walaupun jalan ini yang paling dekat; sebab firman Allah: "Jangan-jangan bangsa itu menyesal, apabila mereka menghadapi peperangan, sehingga mereka kembali ke Mesir."

Nah, ada dua metode dalam membuat laporan arus kas, yaitu langsung dan tidak langsung. Jika tidak bisa memakai metode langsung, kenapa tidak memakai metode tidak langsung? Toh hasilnya sama saja. Genta bisa membantu Ran mendapatkan jawaban dari Conan. Bahkan, bisa lebih cepat karena sesuai kebiasaan Conan yang fast respon terhadap koko-koko.

Dulu juga begitu. Kalau ditelepon oleh Ran, Conan tidak langsung menjawab dengan alasan masih rapat. Namun, begitu Ran meminta bantuan seorang koko untuk meneleponnya, eh dia langsung menjawabnya.

Kelihatannya dia memang punya pengalaman tidak menyenangkan dengan cece-cece. Istrinya aja tidak dikenalkan kepada Ran. Padahal, kalau dikenalkan, Ran bisa meminta bantuan istrinya karena biasanya sesama wanita lebih bisa memahami.

Untunglah Ran masih memiliki teman cowok yang kenal dia. Jika tidak, masa dia harus menyamarkan suara sesuai namanya yang mirip nama cowok? Wkwwkw ... Tak perlulah karena ada ide dari Sobat Sejatinya yang tak pernah tertidur.

Dulu Ran juga enggan menasehati Conan dan ingin menjauhinya. Dia berkata kepada Tuhan, “Aku ini tidak ingin menambah titi. Punya satu titi saja sudah cukup.” Ini karena Ran juga punya pengalaman tidak menyenangkan dengan titinya. Titinya sangat jarang menguras bak mandi padahal kamar mandi dipakai bersama.

Titinya pun nge-gym. Masa energinya kalah sama cece? Masa cece terus yang harus menguras bak mandi? Bete donk. Dulu dia juga tidak mau membantu jemur pakaian, tetapi sekarang sudah mau. Mungkin itu sebabnya mereka dipertemukan. Mereka harus melihat konteks saudara dalam kacamata berbeda.

The7percent.co, “Kesulitan akan membuat orang menjadi kuat. Orang kuat akan menciptakan kemudahan. Kemudahan akan membuat orang menjadi lemah. Orang lemah akan menciptakan kesulitan.”

HOLY SPIRIT, MY BEST FRIEND (GMS Live)
Holy Spirit, all my fountains are in You. Jesus' Spirit a true friend I've found in You. Spring of love, joy and peace, You breathe Your life in me.
Patiently You will always wait for me. You're so kind, so good and faithful too. Bit and bridle in my flesh, gently lead me to you.
My best friend, Holy Spirit. Holy Spirit, my best friend. My best friend, Holy Spirit. Holy Spirit, my best friend.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.