Sunday, July 22, 2018

Bigger than Life ~ Ps. Edward Supit

Catatan Ibadah ke-1 Minggu 22 Juli 2018

Kisah Para Rasul 1:8 Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."

Setiap waktu banyak anak mengalami pelecehan, penculikan, kekerasan, narkoba, mabuk-mabukan, dan seks di luar nikah. Selain itu, banyak pula anak-anak jalanan. Maka dari itu, kita harus menjadi saksi Yesus dimulai dari keluarga. Pelayanan pertama Yesus terjadi pada saat pesta pernikahan di Kana. Ini menunjukkan pentingnya keluarga yang sehat.

Amsal 24:3 Dengan hikmat rumah didirikan, dengan kepandaian itu ditegakkan,

Cara Membangun Keluarga yang Sehat:
1. Jadikan keluarga sebagai pusat latihan bagi kehidupan (learning center). Yesus pun bertambah besar secara jasmani dan rohani di dalam sebuah keluarga.
Lukas 2:52 Dan Yesus makin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nya dan besar-Nya, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia.

Seorang pengusaha menanyakan cita-cita anak ketiga pak Edward (Ije) dan dia menjawab bahwa dia ingin menjadi pendeta. Lalu pengusaha itu berkata kepadanya: "enak menjadi pengusaha karena banyak uangnya" tetapi Ije berkata: "manusia hidup bukan dari uang saja tetapi lebih memerlukan Yesus". Ije bisa menjawab seperti ini karena dia terbiasa mendengar dan melihat hal terpenting di dalam keluarganya.

Ketika terjadi gempa di Jakarta, teman-temannya panik. Lalu Ije (10 tahun) tanpa diminta segera berinisiatif menenangkan teman-temannya dan memimpin mereka berdoa. Maka, saat itu juga terjadilah KKR kecil-kecilan. Ini bisa terjadi karena Ije telah terlatih di dalam keluarganya. Oleh karena itu, setiap orang tua harus bertanggung jawab mengajar anaknya. Jangan serahkan tanggung jawab mengajar anak kepada orang lain atau sekolah atau media sosial. Orang tua tidak bisa mengharapkan anak yang baik jika tidak mau menginvestasikan waktu untuk mengajar anaknya sendiri.

Ulangan 6:7 haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.

3 hal utama yang harus diajarkan oleh orang tua kepada anaknya:
A. Membangun Hubungan Baik dengan Sesama. 
B. Membangun Karakter yang Baik.
C. Menanamkan Nilai tentang hal terpenting di dalam hidup ini.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.