Monday, June 6, 2016

7 Ujung Bumi: Pilar 1-3 ~ Ps.Philip Mantofa

Catatan Ibadah ke-3 Minggu 5 Juni 2016 (youtu.be/ARKObZxwdbU?a)
Kisah Para Rasul 1:8  Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."
Ujung Bumi bisa saja di belakang rumah kita dan dimana saja. Kita harus menjadi saksi Kristus dimanapun kita berada. Ada 7 Pilar untuk mencapai 7 Ujung Bumi, yaitu: agama, pemerintahan, pendidikan, media, seni dan budaya, keluarga, dan bisnis.

1. AGAMA. Kristen merupakan suatu hubungan dengan Tuhan. Gereja memang belum sempurna tetapi tetap diperlukan agar iman kita semakin bertumbuh.
Matius 16:18  Dan Aku pun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.
Berani Beda demi Kebenaran
Setiap orang Kristen harus tampil beda dari orang-orang dunia. Gereja merupakan tempat pelatihan jemaat untuk bergerak di bidangnya masing-masing. Gereja harus membawa terang Kristus sampai ke ujung bumi. Gereja harus bercahaya. Jangan iri-irian karena ada hal lebih besar yang Tuhan ingin kita kerjakan di luar gereja.

2. PEMERINTAHAN. Kita bukan hanya membutuhkan orang-orang seperti Ezra (pendeta), Daniel, Sadrakh, Mesakh, Abednego, dan Ester. Kita pun membutuhkan orang-orang seperti Nehemia (kepala daerah).
Roma 13:4-5  Karena pemerintah adalah hamba Allah untuk kebaikanmu. Tetapi jika engkau berbuat jahat, takutlah akan dia, karena tidak percuma pemerintah menyandang pedang. Pemerintah adalah hamba Allah untuk membalaskan murka Allah atas mereka yang berbuat jahat. Sebab itu perlu kita menaklukkan diri, bukan saja oleh karena kemurkaan Allah, tetapi juga oleh karena suara hati kita.
Faktanya orang-orang di pemerintahan tidak selalu bekerja untuk kebaikan kita. Kebenaran bisa dinyatakan salah dan yang salah bisa dibenarkan. Maka, Tuhan akan menggerakkan beberapa orang benar untuk mengubahkan keadaan. Jika Anda tidak kuat iman, jangan bekerja di lembaga pemerintahan (menjadi pegawai negeri, tentara, atau DPR) agar Anda tidak sampai melakukan korupsi. Namun, jika Anda memang terpanggil untuk bekerja di lembaga pemerintahan, bekerjalah dengan benar untuk memuliakan Kristus dan bukan semata-mata mengejar uang.

3. PENDIDIKAN.
Matius 28:20  dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.
Jika Anda menjadi guru, jangan jadikan itu sebagai batu loncatan dan jangan hanya demi uang.
Yakobus 3:1  Saudara-saudaraku, janganlah banyak orang di antara kamu mau menjadi guru; sebab kita tahu, bahwa sebagai guru kita akan dihakimi menurut ukuran yang lebih berat.
Setiap sekolah pasti mengajarkan pengetahuan yang sama karena bukunya sama. Namun, sekolah Kristen harus berbeda dari sekolah lain dalam hikmat. Hikmat membuat seseorang dapat mengelola pengetahuannya dengan benar. Tanpa hikmat, anak-anak bisa pintar tetapi menyembah berhala atau menjadi 'rusak'. Maka, jika Anda terpanggil menjadi guru, berdoalah terlebih dahulu setiap kali akan mengajar agar Anda dapat membawa diri dengan baik di depan para murid. Tuhan akan menuntut pertanggungjawabanmu.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.