Sunday, April 28, 2024

Siap Hadapi Ujian - Pdt. Debby Basjir

Penderitaan Kristus
Catatan Ibadah ke-1 Minggu 28 Apr 2024

Ketika di Israel, ada yang bertanya, "Dimana tempat berdoa yang paling baik?" Bu Debby menjawab, "kamar hotel", bukan Tembok Ratapan. Orang Israel berdoa di Tembok Ratapan karena tempat ini paling dekat dengan ruang maha kudus (bait Allah) pada masa Yesus. Namun, mereka menolak Yesus. Jika kita berdoa di sana, berarti kita juga menolak Yesus.

Yesus berkata, "Jika kamu berdoa, masuklah ke dalam kamarmu dan tutup pintunya." Jika berdoa di tempat-tempat umum, ini hanya menarik perhatian orang, bukan Tuhan. Kita harus berdoa agar siap menghadapi ujian iman. Ujian iman akan dimulai dari umat Allah dan hal ini sudah dimulai.

1 Petrus 4:18-19 (TB) Dan jika orang benar hampir-hampir tidak diselamatkan, apakah yang akan terjadi dengan orang fasik dan orang berdosa? Karena itu baiklah juga mereka yang harus menderita karena kehendak Allah, menyerahkan jiwanya, dengan selalu berbuat baik, kepada Pencipta yang setia.

Tanda-tanda kiamat mulai terlihat. Jika Israel menyerang Iran, Rusia sebagai sekutu Iran bisa turut membalas dengan mengeluarkan nuklir. Jika terjadi perang dunia dan nuklir mulai dikeluarkan, hal ini bisa merusak ozon. Ada yang mengatakan bahwa saat ini mulai ada virus baru masuk ke Indonesia, yaitu virus Singapur.

Lalu ada yang memprediksi bahwa tahun ini akan terjadi badai matahari. Namun, Nasa memperkirakan bahwa badai matahari akan terjadi tahun depan. Jika badai matahari terjadi, akan ada ledakan yang merusak satelit-satelit di udara. Jika satelit rusak, wifi akan mati, saldo rekening di bank tidak akan bisa dilihat, handphone tidak berfungsi, listrik mati, pabrik-pabrik akan berhenti beroperasi, dan kehidupan akan berakhir.

Ketika mendengar bahwa Bumi akan lenyap, beberapa orang telah merancang kepindahan ke Mars. Saat ini dibuka pendaftaran bagi orang berusia 40 tahun ke bawah untuk terbang ke Mars. Namun, tiketnya hanya tiket pergi dan tidak ada tiket kembali. Jika berminat, silahkan mendaftar.

Di Mars belum ada Agung Podomoro sehingga Anda bebas mengkapling tanah. Andaikata kehidupan berpindah ke Mars, doa Bapa Kami pasti akan berubah. Biasanya kita berdoa, "di Bumi seperti di Surga." Masa mau diubah, "di Mars seperti di Surga?"

Ada pula orang kaya yang membeli bunker. Di sana persediaan makanan juga lengkap tersedia. Andaikata mereka bisa menyelamatkan diri dengan bersembunyi di bunker, ketika nantinya mereka keluar dari sana, mereka sendirian, lalu untuk apa?

Matius 13:5-6 (TB) Sebagian jatuh di tanah yang berbatu-batu, yang tidak banyak tanahnya, lalu benih itu pun segera tumbuh, karena tanahnya tipis. Tetapi sesudah matahari terbit, layulah ia dan menjadi kering karena tidak berakar.

Tanaman mati ketika matahari terbit. Ini bukan karena panasnya matahari. Justru matahari diperlukan oleh tanaman agar bisa berfotosintesa menghasilkan makanan sehingga tanaman bisa tetap tumbuh. Tanaman tersebut mati karena tidak berakar.

Demikian pula kehidupan kita. Jika kita berakar di dalam Kristus, panasnya api penderitaan tidak akan membuat kita mati. Namun, saat ini di Belanda ada wanita 28 tahun yang minta disuntik mati karena tidak tahan penderitaan jiwa. Ada pula di Jakarta satu keluarga bunuh diri karena terlilit hutang.

Banyak orang tidak tahan penderitaan karena imannya tidak berakar pada Kristus. Maka dari itu, jangan selalu menitipkan doa kepada pendeta. Bu Debby tidak mau mendoakan suami jemaat karena dia tidak cinta kepada suami jemaat.  Doa yang didengar oleh Tuhan adalah doa yang dipenuhi cinta. Jadi, silahkan doakan pasangan dan anak-anakmu sendiri karena kamulah yang mencintai mereka.

Kita semua memiliki hak istimewa untuk berbicara dengan Tuhan. Ketika Yesus meninggal, tabir bait suci terbelah. Jadi, kita bisa berbicara dengan-Nya kapan saja tanpa melalui imam atau pendeta. Sebagai orang Kristen, seharusnya kita juga senang jika kiamat terjadi karena Yesus akan datang menjemput orang-orang yang dikenan-Nya. Jika waktunya tidak dipersingkat, hampir-hampir tak ada yang bisa diselamatkan. Keberadaan orang-orang Kristen yang akan mempercepat waktu kedatangan Tuhan.

KEBESARAN-MU (JPCC Worship Youth)
Ajarku berserah. Kuasai mataku bahwa 'Kau besar, menggenggam hidupku. Walau kuberjalan di lembah yang gelap, tenang jiwaku s'bab 'Kau besertaku.
Reff : Selama kuhidup, apapun musimku, kupercaya kebesaran-Mu. Kekuatanku di dalam-Mu. Kus'rahkan hidupku, akui kuasa-Mu. Kuserukan Kebesaran-Mu. Masa depanku terjaga di tangan-Mu.
Bridge : Kau yang berkuasa. Surga bumi 'kan menyembah Yesus Raja segalanya. Kau yang berdaulat. Surga bumi 'kan menyembah Yesus Raja segalanya.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.