Sunday, April 28, 2024

Penderitaan Kristus - Pdt. Debby Basjir

Ujian Iman
Catatan Ibadah ke-1 Minggu 28 Apr 2024

1 Petrus 4:14 (TB) Berbahagialah kamu, jika kamu dinista karena nama Kristus, sebab Roh kemuliaan, yaitu Roh Allah ada padamu.

Di Israel bu Debby sempat mengunjungi rumah Kayafas, tempat Yesus ditahan. Di sana narapidana akan diikat pinggang dan kedua tangannya dengan tali lalu diturunkan ke ruang bawah tanah melalui lubang selebar satu orang. Jika mau disiksa, dia akan diangkat lagi dengan cara menarik talinya.

Bu Debby sampai menangis karena membayangkan penderitaan Yesus secara badani. Lalu dia bertemu penderita kanker yang selalu kesakitan. Dia berkata, "Tiap kali merasa sakit, saya teringat pada penderitaan Yesus ketika dicambuk dengan gada besi. Hal ini memberiku kekuatan untuk melewati penderitaanku."

1 Petrus 4:14 (TB) Berbahagialah kamu, jika kamu dinista karena nama Kristus, sebab Roh kemuliaan, yaitu Roh Allah ada padamu.

Semua penderitaan kita tidak seberapa jika dibandingkan dengan penderitaan Kristus, rasul Paulus, dan jemaat mula-mula. Dengan mengikuti Yesus, kita tidak akan terhindar dari penderitaan. Hal ini sudah diteladankan oleh Yesus semasa hidupnya.

1 Petrus 4:15-16 (TB) Janganlah ada di antara kamu yang harus menderita sebagai pembunuh atau pencuri atau penjahat, atau pengacau. Tetapi, jika ia menderita sebagai orang Kristen, maka janganlah ia malu, melainkan hendaklah ia memuliakan Allah dalam nama Kristus itu.

Namun, perhatikan penderitaan yang harus kita tanggung. Jangan sampai menderita karena dosa kita sendiri. Jika menderita karena berselingkuh, bertobatlah! Jika harus menderita karena Kristus, muliakan Tuhan.

1 Petrus 4:17 (TB) Karena sekarang telah tiba saatnya penghakiman dimulai, dan pada rumah Allah sendiri yang harus pertama-tama dihakimi. Dan jika penghakiman itu dimulai pada kita, bagaimanakah kesudahannya dengan mereka yang tidak percaya pada Injil Allah?

Setiap orang akan mengalami penderitaan di dunia ini karena iman kita semua harus diuji. Jika diuji dengan kepahitan dan tetap manis, berarti kita lulus. Orang Kristen harusnya bisa lulus dari ujian kepahitan karena ini penderitaan yang seujung kuku.

Di Alkitab tak pernah dicatat ada tokoh yang kepahitan. Tidak ada kisah tentang Daud yang menderita karena kepahitan. Ini karena kepahitan adalah ujian paling ringan. Jangan sampai kita masih menyimpan kepahitan kepada pasangan, bahkan tukang becak.

Ketika mendengar ada aturan baru bahwa semua orang harus menyembah patung raja, Daniel justru berdoa tiga kali sehari kepada Tuhan. Maka, Daniel dimasukkan ke kandang singa karena tidak menyembah raja. Tuhan tidak meluputkannya dari singa. Daniel pasti takut, tetapi dia mengatasi ketakutannya dengan mempercayai Tuhan. Orang hebat dihasilkan dari tekanan yang hebat. Jika ingin menjadi orang hebat, bersiaplah menghadapi tekanan yang hebat.

Bu Debby juga pernah mengalami penderitaan yang hebat. Dia pun ditanya, "Apakah saat itu ingin meninggalkan Tuhan dan pelayanan?" Bu Debby mengatakan bahwa hal semacam ini tak pernah terlintas dalam benaknya. Dia percaya bahwa Tuhan selalu memberikan upah kepada mereka yang melayani-Nya. Upah tak selalu berbicara tentang uang. Kesehatan juga upah yang tak ternilai. Jika kita diberi 1 Milyar, tetapi sakit dan harus mengeluarkan 2 Milyar untuk berobat, apa gunanya uang 1 Milyar?

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.