Sunday, January 14, 2024

Becoming Stronger Together in Him ~ Ps. Caleb Natanielliem

Catatan Ibadah ke-1 Minggu 14 Okt 2024

Yesaya 41:10 (TB) janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.

Inilah pesan Tuhan dari sejak masa Covid hingga 2023 dan akan terus berlanjut hingga 2024. Kita mundur dulu ke ayat sebelumnya.

Yesaya 41:9b (TB) Aku berkata kepadamu: "Engkau hamba-Ku, Aku telah memilih engkau dan tidak menolak engkau";

Hamba Tuhan bukan hanya yang ada di mimbar. Kita semua adalah hamba Tuhan. Jadi, Tuhan berjanji untuk menjaga dan menyertai kita. Dia juga akan meneguhkan kita. Dalam bahasa Inggris 'meneguhkan' menggunakan kata 'strengthen', yang artinya memperkuat. Sejak Juli gereja telah berdoa untuk mengetahui rencana Tuhan di 2024 dan Tuhan mengatakan bahwa Dia ingin memperkuat kita. Tahun ini kita akan menghadapi peperangan rohani sehingga harus kuat.

Efesus 6:10 (TB) Akhirnya, hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya.

Banyak orang berpikir bahwa kita harus kuat dengan kekuatan kita sendiri padahal tidak demikian. Tuhan mau memberi kita kekuatan-Nya, yaitu kekuatan yang tidak ada di dunia ini.  Sesungguhnya kekuatan yang ada di dunia ini pun berasal dari Tuhan. Bahkan, Dia juga memberi kekuatan pada makhluk yang kecil, seperti laba-laba sehingga mereka bisa memiliki jaring yang kuat.

Yesaya 40:30-31 (TB) Orang-orang muda menjadi lelah dan lesu dan teruna-teruna jatuh tersandung, tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.

Tuhan mau kita senantiasa berjaga-jaga karena iblis – lawan kita seperti singa yang sedang mencari mangsa. Orang yang menanti-nanti tidak mungkin tertidur dan pasti berjaga. Jika Anda menanti pesawat yang akan menerbangkan Anda, apa Anda tertidur? Jika Anda menunggu kedatangan sopir gojek, apa Anda tertidur? Jika sedang menantikan sesuatu, kita tidak akan tertidur dan senantiasa berjaga-jaga.

Yesaya 40:29 (TB) Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya.

Nah, orang yang menantikan Tuhan akan mendapatkan kekuatan baru. Ketika lelah, kekuatannya akan diperbaharui. Untuk menjadi kuat, kita harus BERADA di TEMPAT KEKUATAN itu, yaitu di dalam Tuhan. Jika ingin menjadi kuat secara fisik, kita harus berolahraga dan tidak bisa diam saja. Namun, setelah berada di tempat yang tepat seperti gym, kita harus menemukan pelatih yang tepat agar kita bisa kuat tanpa encok karena olahraga tersebut.

Untuk menjadi kuat, kita harus MEMPERTAHANKAN KEKUATAN itu. Ada orang-orang non Kristen yang berjumpa dengan Yesus karena mereka mencari-Nya. Namun, orang Kristen tak seharusnya terus menerus bertanya, "Tuhan, Kamu dimana?" tiap kali ada masalah. Ini karena Tuhan sudah ada di dekatmu dan kamu hanya perlu mempertahankan kekuatan-Nya.

Untuk menjadi kuat, kita harus BERSIAP untuk MENYERAH. Bagi dunia, menyerah atau mengibarkan bendera putih berarti kalah, tetapi bagi kita menyerah justru menjadi sumber kekuatan. Kita harus menyerahkan anggota tubuh kita untuk menjadi hamba kebenaran.

Roma 6:19 (TB)  Aku mengatakan hal ini secara manusia karena kelemahan kamu. Sebab sama seperti kamu telah menyerahkan anggota-anggota tubuhmu menjadi hamba kecemaran dan kedurhakaan yang membawa kamu kepada kedurhakaan, demikian hal kamu sekarang harus menyerahkan anggota-anggota tubuhmu menjadi hamba kebenaran yang membawa kamu kepada pengudusan.

Untuk menjadi kuat, kita tidak bisa berjalan sendiri dan membutuhkan komunitas yang bisa menguatkan kita. Jika kita merasa bisa sendiri, kita tidak akan kuat karena Tuhan menentang orang yang congkak.

Yakobus 4:6 (TB) Tetapi kasih karunia, yang dianugerahkan-Nya kepada kita, lebih besar dari pada itu. Karena itu Ia katakan: "Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati."

TUNTUNAN-MU ROH KUDUS (GMS Live)
Setiap saat, setiap waktu kuperlu Kau Roh Kudus.
Genggamlah erat tanganku, kumau hidup dalam kebenaran.
Tuntunan-Mu Roh Kudus, Roh Kudus yang kuperlu.
Kumau s’lalu mendengar suara-Mu, hidup dalam pengurapan-Mu.

Nantikan Saja

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.