Sunday, December 3, 2023

Sisi Lain Kasih Karunia - Ps. Lukas Wibisono

Catatan Ibadah ke-1 Minggu 3 Des 2023

Mungkin kita berpikir bahwa berjalan dalam limpahan kasih karunia berarti kehidupan kita akan dipenuhi dengan kebahagiaan dan hal-hal menyenangkan. Namun, ternyata ada sisi lain kasih karunia.

Contoh orang yang berjalan dalam kasih karunia adalah Daud. Jika ditanya, "Siapa Daud?" Kita yang telah mendengar tentangnya pasti menjawab, "Pembunuh Goliat". Namun, tak banyak orang yang ingat ketika Daud berpura-pura gila ketika lari dari kejaran Saul.

1 Samuel 21:11 (TB) Pegawai-pegawai Akhis berkata kepada tuannya: "Bukankah ini Daud raja negeri itu? Bukankah tentang dia orang-orang menyanyi berbalas-balasan sambil menari-nari, demikian: Saul mengalahkan beribu-ribu musuh, tetapi Daud berlaksa-laksa?"

Daud berhasil membunuh Goliat dan banyak musuh sehingga Saul khawatir jabatan raja jatuh ke tangan Daud. Maka, Saul berusaha membunuh Daud. Hal ini membuat Daud menjadi seorang pelarian. Dalam pelariannya dia bertemu Akhis – musuhnya.

1 Samuel 21:12-13 (TB) Daud memperhatikan perkataan itu, dan dia menjadi takut sekali kepada Akhis, raja kota Gat itu. Sebab itu ia berlaku seperti orang yang sakit ingatan di depan mata mereka dan berbuat pura-pura gila di dekat mereka; ia menggores-gores pintu gerbang dan membiarkan ludahnya meleleh ke janggutnya.

Siapa yang punya masalah? Apa ludahmu  masih berada di dalam dan tidak sampai menetes-netes? Jika ya, tentu masalahmu belum sebesar masalah Daud. Namun, ketika Daud sedang berpura-pura gila, dia menulis mazmur 34.

Mazmur 34:5 (TB) Aku telah mencari TUHAN, lalu Ia menjawab aku, dan melepaskan aku dari segala kegentaranku.

Ketika Daud merasa kosong dan lemah, dia berfokus kepada Tuhan. Dia biarkan Tuhan mengisi kekosongan tersebut.

Mazmur 34:9 (TB) Kecaplah dan lihatlah, betapa baiknya TUHAN itu! Berbahagialah orang yang berlindung pada-Nya!

Ketika mendengar ayat tersebut, seringkali kita ingin bernyanyi gembira seperti orang yang telah mendapat uang baru, mobil baru, suami / istri baru JANGAN, pacar baru, atau pekerjaan baru. Padahal, Daud menyanyikannya sambil berpura-pura gila.

Jadi, kasih karunia tidak selalu meluputkan kita dari masalah. Ada kalanya kasih karunia hanya memampukan kita melewati masalah. Hal ini juga dialami oleh Paulus yang tidak bisa menyingkirkan duri dalam dagingnya.

Banyak pakar teologi tidak memahami duri dalam daging Paulus. Namun, hal ini bisa berupa sakit penyakit atau masalah lain yang tidak bisa keluar dari hidup kita. Tuhan bisa membuat mujizat kesembuhan. Namun, kalau Dia izinkan kita tetap sakit, Dia akan memberi kita kekuatan untuk melewatinya.

2 Korintus 12:9 (TB) Tetapi jawab Tuhan kepadaku: "Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna." Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku.

Kasih karunia Tuhan akan mengosongkan kita agar tidak lagi bersandar pada kekuatan diri sendiri. Ketika dikosongkan seperti botol minum plastik tanpa air, kita cenderung rapuh dan sensitif sehingga segala sesuatu akan terlihat salah di mata kita. Jadi, dalam situasi ini lebih baik kita diam saja daripada salah bicara.

Mungkin kita akan berkata, "AC gereja terlalu dingin", tetapi saat suhunya diubah, kita akan mengatakan bahwa AC-nya panas dan berpikir bahwa gereja kekurangan uang. Kita juga berpendapat bahwa suara worship leader tidak bagus dan lagunya tidak tepat. Jadi, saat merasa kosong, semua akan terlihat salah di mata kita.

Pada saat mengalami kekosongan kita harus berfokus kepada Tuhan, seperti sedang mengisikan air ke dalam botol. Kita tidak bisa melakukannya sambil melakukan hal-hal lain. Kita harus fokus kepada Tuhan hingga mengalami kepenuhan kasih-Nya.

KEKUATAN HATIKU
Kuasa-Mu nyata di dalam kelemahanku. Kekuatan-Mu menopang seluruh hidupku. Darimana datang pertolonganku? Hanya Yesus pertolonganku.
Engkaulah sumber kekuatan hatiku, tempat persembunyianku. Engkau penolong di saat susahku, tempat perlindunganku. Kau menara dan perisai di hidupku.

Dalam Kelemahan

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.