Sunday, December 17, 2023

Sambil Bersyukur ~ Pdt. Leonardo Sjiamsuri

Catatan Ibadah ke-1 Minggu 17 Desember 2023

Mazmur 100:1-2 (TB) Mazmur untuk korban syukur. Bersorak-soraklah bagi TUHAN, hai seluruh bumi! Beribadahlah kepada TUHAN dengan sukacita, datanglah ke hadapan-Nya dengan sorak-sorai!

Ketika kita menonton film di bioskop, seringkali kita datang satu jam lebih awal agar mendapatkan tempat parkir. Jarang sekali ada orang yang datang terlambat ketika akan menonton film di bioskop. Kalau film diputar jam 7, hampir tidak ada orang yang datang jam setengah 8. Padahal, bioskop tidak memberi hidup.

Ketika beribadah di gereja, mengapa malah datang terlambat? Padahal, di sini ada firman yang memberi hidup. Masa lebih menghormati Tom Cruise daripada Tuhan? Untuk menghormati Tuhan, kalau datang beribadah, sebaiknya datang setengah jam lebih awal (before time) atau maksimal datang tepat waktu (on time), bukan menjelang jam khotbah.

Mazmur 100:3-4 (TB) Ketahuilah, bahwa TUHANlah Allah; Dialah yang menjadikan kita dan punya Dialah kita, umat-Nya dan kawanan domba gembalaan-Nya. Masuklah melalui pintu gerbang-Nya dengan nyanyian syukur, ke dalam pelataran-Nya dengan puji-pujian, bersyukurlah kepada-Nya dan pujilah nama-Nya!

Ketika datang beribadah, kita harus masuk sambil bersyukur. Jadi, bukan masuk gereja dulu lalu bersyukur. Kita tidak akan mendapatkan apapun di gereja jika hati kita tidak siap. Bersyukurlah kepada Tuhan apapun yang terjadi, baik atau buruk keadaannya.

Mazmur 100:5 (TB) Sebab TUHAN itu baik, kasih setia-Nya untuk selama-lamanya, dan kesetiaan-Nya tetap turun-temurun.

Jika tidak memiliki uang membuatmu susah bersyukur, ini berarti rasa syukurmu ditentukan oleh uang. Padahal, kita harus senantiasa bersyukur karena kebaikan Tuhan. Orang yang bersyukur pasti akan memuji Tuhan. Orang yang bersyukur tidak akan punya waktu untuk mengeluh. Hidup kita ditentukan oleh sikap kita yang mau bersyukur atau mengeluh. Orang yang bersyukur seringkali hatinya mudah diubahkan.

Namun, akhir-akhir ini banyak orang stres karena mereka tidak mengetahui pentingnya bersyukur. Andaikata Kain bisa mensyukuri hidupnya sebagai pemberian Tuhan, dia tidak akan membunuh Habel - adiknya.

BERSYUKURLAH
Datanglah ke bait-Nya dengan hati bersyukur, ke dalam pelataran-nya dengan hati bersuka. Rasakan dan lihatlah betapa baiknya Tuhan. Bagi yang berlindung pada-Nya akan bersorak-sorai, akan bersorak-sorai
Reff : Bersyukurlah kepada Tuhan sebab Ia baik. Bahwasanya ‘tuk selamanya kasih setia-Nya. Bersyukurlah kepada Tuhan sebab Ia baik. Bahwasanya ‘tuk selamanya kasih setia-Nya.

Pentingnya Bersyukur

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.