Sunday, December 17, 2023

Pentingnya Bersyukur ~ Pdt. Leonardo Sjiamsuri

Sambil Bersyukur
Catatan Ibadah ke-1 Minggu 17 Desember 2023

Penyebab Orang Sulit Bersyukur, yaitu:

1. Bertumbuh dalam Keluarga yang Disfungsi. Jika seorang anak memiliki orang tua yang selalu bertengkar, mereka pun cenderung sulit bersyukur sekalipun sudah beranjak dewasa. Mereka pun sulit memahami kasih Bapa di surga karena tidak memiliki figur bapa yang penuh kasih di dunia.

2. Melihat Realitas Hidup yang Sulit. Banyak orang mengalami kepahitan karena kesulitan hidup. Namun, Paulus dan Silas justru bersyukur di tengah-tengah kesulitan yang mereka alami.

3. Harapan yang Tidak Terpenuhi.

4. Tamak dan Serakah.

5. Suka Membandingkan dengan Orang Lain. Banyak orang susah bersyukur karena suka membandingkan. Jadi, kalau mau bersyukur, jangan bandingkan pasanganmu dengan pasangan orang lain! Jangan bandingkan anakmu dengan anak tetangga! Yakinlah bahwa pasanganmu dan anakmu adalah yang terbaik.

Orang yang simple adalah orang yang tidak pernah membandingkan dirinya dengan orang lain sehingga mudah bersyukur. Pentingnya Bersyukur, yaitu:

1. Menjaga Hati. Orang yang bersyukur hatinya bisa seperti teflon (anti lengket yang bisa menggoreng tanpa minyak) sehingga uang tidak akan lengket di hatinya. Uang hanya berada di tangannya, tetapi bukan di hatinya.

2. Melihat dan Menyadari Penyertaan Tuhan. Ada seorang pendeta yang mengadakan kelas. Sebelum kelas usai dia mendapat kabar bahwa anaknya meninggal. Jadi, dia mengakhiri kelas dengan berdoa singkat. Doanya berbunyi, "Tuhan, aku tidak mengerti mengapa Kau izinkan anakku meninggal? Namun, tolong beri aku kekuatan untuk menghadapi semua ini."

Orang yang bersyukur akan melihat sumber berkatnya dan bukan masalahnya sehingga dia tetap berharap kepada Tuhan sekalipun tidak mengerti. Di dunia ini memang ada banyak hal yang tidak kita mengerti.

3. Menuntun kepada Penyembahan. Orang yang bersyukur pasti akan menyembah Tuhan. Jadi, sekalipun ada kabar bahwa Covid meningkat lagi, orang yang bersyukur akan tetap memuji Tuhan.

Sekalipun bisa memuji Tuhan di dalam hati, kalau di gereja, ya jangan diucapkan di dalam hati. Ini sama halnya dengan memesan makanan. Kita bisa memesannya di dalam hati, tetapi jika berada di depan kasir, ya jangan memesan di dalam hati.

KUBERSYUKUR BAPA
Verse 1: Banyak yang Kau perbuat di dalam hidupku. Rancangan indah-Mu terjadi di hidupku.
Verse 2: Bapa yang mengerti segala yang kuperlu. Kasih-Mu sempurna, nyata dalam hidupku.
Chorus: Kubersyukur Bapa, kubersyukur Tuhan buat kasih setia-Mu di dalam hidupku. Kubersyukur Tuhan.
Bridge: Tak ada lembah kelam yang tak kulewati tanpa hadir-Mu. Hatiku tak 'kan gentar s’bab kutahu tangan-Mu yang menopangku. Kaulah Yesus. Kaulah Tuhan. Hanya Kau kupercaya. Kaulah Yesus. Kaulah Tuhan, harapan hidupku.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.