Sunday, December 10, 2023

Pertanyaan Sulit

Tidak Terduga
Catatan Ibadah ke-1 Minggu 10 Desember 2023

"Jika tidak berhasil memenuhi keinginannya, apa yang akan terjadi? Apa kita perlu berbicara dengannya untuk meyakinkan dia? Bagaimana budaya di sana?" Tanya pria itu.

Ah, lagi-lagi dia mengajukan pertanyaan yang sama padahal dulu sudah pernah dijelaskan. Lantas wanita yang ditanya olehnya terpaksa mengulang kembali penjelasannya dengan cara berbeda. Dia berharap pria itu segera paham.

Kemudian pria itu juga bertanya, "Mengapa kamu melakukan ini?" Wanita itu menjawab, "Karena kamu yang memintaku melakukan hal ini." Dia bertanya lagi, "Apa kamu membuatnya dengan cara ini?" Ooo... wanita itu baru memahami bahwa pria itu seharusnya menggunakan kata tanya 'bagaimana', bukan 'mengapa'.

Kata orang bijak, "Pertanyaan yang tepat akan membuatmu mendapatkan jawaban yang tepat." Lha, si pria salah kata tanya sehingga si wanita juga salah menjawab.

Pada akhirnya pria itu berkata, "Semua itu bukanlah jawaban yang kuharapkan, tetapi aku tidak tahu cara menanyakannya. Kita harus sering-sering berkomunikasi." Agar percakapan segera berakhir, wanita itu langsung menjawab, "Oke."

Lantas wanita itu mendesah sambil bergumam, "Memang bukan jawaban yang kau perlu, tetapi jamahan Tuhan yang mengubahkan sehingga kamu berhenti khawatir."

PELUK AKU ~ GMS Live
Peluk aku, kasihi aku biar kumerasakan dekapan kasih-Mu. Peluk aku, kasihi aku, Sungguh kumerindu bersama-Mu Tuhan yang membuatku terpesona akan keajaiban hadirat-Mu.
Bukanlah jawaban yang kuperlu tapi jamahan yang ubahkanku. Bantu diriku 'tuk merasakan Kau s'lalu hadir di hidupku.

(Album: Kupercaya Mujizat 2)

Lantas wanita itu berkata kepada pria itu, "Aku rasa kamu mengkhawatirkan sesuatu karena kamu melihat fakta. Namun, aku terbiasa berpikir sederhana, "Jika aku sudah melakukan yang terbaik, aku serahkan hasilnya kepada Tuhan." Jika Tuhan menghendaki hasilnya baik, aku akan bersyukur dan bahagia karena hal itu. Jika Tuhan mengizinkan hasilnya buruk, aku harus tetap percaya bahwa Dia merencanakan sesuatu yang lebih baik daripada yang aku inginkan. Ini sebabnya aku tidak mengkhawatirkan hal itu."

1 Petrus 5:7 (TB) Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.

Lantas wanita itu juga mengajukan beberapa pertanyaan kepada pria itu. Salah satu pertanyaannya berbunyi, "Kamu tahu bahwa merokok dapat menyebabkan masalah kesehatan, tetapi kamu tetap merokok. Apa kamu memang menyukai masalah?"

Pria itu menjawab, "Pertanyaanmu membutuhkan waktu lama untuk menjawabnya. Aku masih harus menangani banyak hal. Aku akan menghubungimu lagi jika aku punya waktu."

Wanita itu tersenyum dengan jawaban tersebut karena dia yakin pertanyaan tersebut sangat sulit dijawab olehnya. Dia pun tidak terlalu mengharapkan jawabannya. Dia hanya berharap pria itu mau merenungkan pertanyaan sulit tersebut dan membuat perubahan dalam hidupnya.

Hehehe ... itu pertanyaan sulit untuk orang yang telah menyulitkannya dengan beberapa hal. Apa ada yang mau bantu menjawabnya? BuKaNLaH JaWaBaN yang kUpErLu tapi JaMaHaN yang UbAhkAnkU...^.^

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.