Sunday, December 31, 2023

Mengakhiri Kekhawatiran ~ Ps. Frederick Abel

Catatan Ibadah ke-1 Minggu 31 Desember 2023

Banyak pakar memprediksi bahwa tahun 2023 merupakan tahun yang gelap. Faktanya Tuhan telah memelihara kita pada tahun ini. Namun, apapun yang terjadi di tahun ini harus kita tinggalkan, termasuk kesuksesannya.

Tanpa meninggalkan semua yang terjadi di tahun ini, kita tidak dapat memulai yang baru. Tahun 2024 Tuhan akan menguatkan kita untuk mengatasi segala hal sehingga tak ada yang perlu kita khawatirkan. Namun, seringkali banyak orang merasa khawatir karena berfokus pada gosip dan fakta.

Filipi 4:6 (TB) Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.

Di Filipi kita menemukan berbagai firman yang berharga. Di Filipi kita diminta untuk bersukacita senantiasa dan tidak khawatir. Orang yang khawatir berarti tidak mempercayai Tuhan. Cara mengatasi kekhawatiran adalah berdoa dengan ucapan syukur.

Orang yang bersyukur pasti memuji Tuhan dan Tuhan akan bertahta di atas pujian. Jangan bersungut-sungut dan berkeluh kesah. Kita pun tidak akan suka jika selalu mendengar keluhan atau perkataan negatif orang lain.

Sumber kekhawatiran manusia berasal dari mata dan telinga yang melihat dan mendengar berbagai gosip. Mungkin Anda mengatakan bahwa ini bukan gosip, tetapi fakta. Namun, fakta juga tetap harus tunduk kepada firman Tuhan. Gosip atau fakta yang diterima oleh mata dan telinga akan direspon oleh pikiran dan hati.  Hati selalu berelasi dengan pikiran.

Selanjutnya, manusia akan bereaksi dengan cara afektif (marah, tersenyum, sedih, dan lain-lain). Jika hal ini masih belum sanggup ditangani, manusia akan bertindak lewat perkataan dan perbuatan. Jika hati dan pikiran dipenuhi oleh kemarahan dan kepahitan, manusia bisa mengucapkan kata-kata yang menyakitkan. Namun, jika hati dan pikiran dipenuhi oleh firman Tuhan, manusia bisa mengendalikan perkataan dan perbuatannya.

Filipi 4:8 (TB) Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.

Tahun 2024 kita harus banyak berdoa karena Tuhan akan mengizinkan beberapa orang tetap melewati masa-masa sulit agar mereka bisa diperkuat. Jangan berharap pertolongan pada manusia karena pasti kecewa. Nantikanlah Tuhan.

Mazmur 37:5 (TB) Serahkanlah hidupmu kepada TUHAN dan percayalah kepada-Nya, dan Ia akan bertindak;

Ketika Lazarus sakit dan hampir meninggal, Yesus tidak segera datang sehingga Lazarus meninggal. Semua berpikir bahwa Yesus datang terlambat. Namun, hati Yesus tersentuh melihat kesedihan orang-orang dan Dia pergi ke kuburan Lazarus.

Kuburannya tak seperti kuburan di Indonesia. Kuburannya berupa gua yang ditutup oleh batu besar. Kuburan ini seperti kuburan Tuhan Yesus. Batu penutupnya sangat berat sehingga harus didorong beramai-ramai oleh banyak orang. Jadi, mayat Yesus juga tak mungkin dicuri secara diam-diam.

Mengakhiri untuk Memulai

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.