Sunday, November 19, 2023

Mengucap Syukur ~ Ps. Sidney Mohede

Kekuatan Ucapan Syukur
Catatan Ibadah ke-1 Minggu 19 Nov 2023

Bayangkan, bagaimana jika setiap hari kita harus berteriak, "Saya berdosa, saya kotor, jangan dekati saya."

Lukas 17:14 (TB) Lalu Ia memandang mereka dan berkata: "Pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam-imam." Dan sementara mereka di tengah jalan mereka menjadi tahir.

Yesus tidak memberikan yang mereka minta. Mereka tidak diberi uang atau sebungkus nasi uduk, tetapi mereka diminta menemui imam. Pada saat itu hanya imam yang bisa mengonfirmasi kesembuhan para penderita kusta, bukan dokter.

Ketika mereka berjalan menemui imam, mereka belum sembuh. Namun, mereka langsung taat kepada perintah Yesus. Di tengah jalan mereka baru sembuh. Inilah langkah iman. Sekalipun belum sembuh, kita bisa berkata, "Aku sudah sembuh karena Yesus bilang aku sudah sembuh."

Sembuhnya kapan? "Tidak tahu. Entah sekarang, entah nanti di kekekalan, yang penting berjalan saja karena Yesus sudah meminta kita berjalan." Nah, di tengah jalan mereka sembuh. Ketika menyadari perubahan pada tubuhnya, hanya satu orang yang kembali kepada Yesus untuk berterima kasih.

Lukas 17:17-18 (TB) Lalu Yesus berkata: "Bukankah kesepuluh orang tadi semuanya telah menjadi tahir? Di manakah yang sembilan orang itu? Tidak adakah di antara mereka yang kembali untuk memuliakan Allah selain dari pada orang asing ini?"

9 orang lainnya pasti sudah tak sabar menyongsong masa depannya. Jangan sampai kita menjadi seperti 9 orang itu. Jika kita bertanya kepada 9 orang itu, pasti mereka juga bersyukur karena telah disembuhkan. Namun, mereka belum menutup lingkaran syukurnya dengan mengucapkan terima kasih kepada Tuhan.

Ada suatu kutipan berbunyi, "Rasa syukur yang tidak pernah diucapkan bagaikan sebuah kado yang sudah dibungkus rapi, tetapi tidak pernah disampaikan."

Ucapan syukur kita kepada Tuhan juga harus diungkapkan, tetapi bukan hanya sekedar lewat nyanyian. Ucapan syukur kita harus terlihat dalam tindakan kita sehari-hari. Kita harus hidup seperti Kristus sehingga orang-orang yang melihat kita akan melihat bahwa Kristus ada di dalam diri kita.

Ada puisi berbahasa Inggris yang bermakna:
* Bersyukurlah ketika kamu tidak mengetahui segalanya karena hal ini memberimu kesempatan untuk belajar.
* Bersyukurlah atas segala keterbatasanmu karena hal ini memberimu kesempatan untuk melakukan perbaikan.
* Bersyukurlah ketika merasa letih karena ini artinya kamu telah membuat perbedaan.
* Bersyukurlah atas kesalahanmu karena kamu bisa memperoleh pelajaran yang berharga.
* Bersyukurlah

Roma 12:12 (FAYH) Bergembiralah atas segala rencana Allah bagi Saudara. Bersabarlah dalam kesukaran dan berdoalah selalu.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.