Sunday, June 11, 2023

Hari Terakhir ~ Pdt. Arif Multi

Catatan Ibadah ke-1 Minggu 11 Juni 2023

Sebelum membahas hari terakhir, kita bahas dulu hari pertama. Kita akan melihat grand design Tuhan atas manusia.

Kejadian 1:1-2 (TB) Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.

Dalam Alkitab bahasa Inggris disebutkan bahwa Tuhan menciptakan surga dan bumi. Namun, dari Kejadian sampai Wahyu, Dia lebih banyak membahas tentang bumi daripada surga.

Genesis 1:1 (KJV) In the beginning God created the heaven and the earth.

Tuhan ingin menjadikan bumi sebagai replika surga. Ketika kita mengunjungi suatu tempat yang belum terjamah oleh tangan manusia, kita seringkali berkata, "Wah, indah sekali seperti di surga." Padahal, kita belum pernah ke surga. Namun, hati kita bisa merasakan keindahannya.

Kejadian 1:26 (TB) Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi."

Setelah menciptakan bumi dengan segala isinya, Tuhan membutuhkan pengelolanya. Maka, Dia menciptakan manusia segambar dengan diri-Nya. Manusia bukan Tuhan, melainkan gambaran Tuhan sehingga didesain untuk berpikir seperti Tuhan, merasa seperti Tuhan, mengambil keputusan seperti Tuhan, berbicara seperti Tuhan, dan bertindak seperti Tuhan.

Kejadian 1:28 (TB) Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi."

Tuhan berharap manusia pertama beranak cucu dan berkembang biak serta hidup sesuai dengan cara Tuhan. Namun, keluarga pertama gagal sehingga diusir dari hadirat Allah, yaitu Taman Eden. Kegagalan ini membuat kekacauan dimana-mana.

Mungkin pernah dengar ada yang berkata, “Keluargaku seperti neraka.” Padahal, dia juga belum pernah ke neraka. Namun, jauh di dalam hatinya dia bisa merasakan hal itu. Apakah ini berarti bahwa Tuhan gagal? Tidak. Tuhan tidak pernah gagal. Ini ada lagunya.

Selanjutnya, Tuhan memilih keluarga kedua, yaitu Abraham yang melahirkan orang-orang Israel untuk mewujudkan grand design-Nya. Namun, baik keluarga pertama maupun keluarga kedua ini juga gagal karena ketidaktaatan terhadap Tuhan.

Lantas Tuhan memilih keluarga ketiga, yaitu putra-Nya sendiri. Dia pun membentuk keluarga baru lewat perkumpulan para murid Yesus, yang dikenal dengan nama ekklesia. Hal ini yang menjadi cikal bakal lahirnya gereja. Jadi, gereja adalah keluarga Allah sehingga ada Gereja Keluarga Allah. Kita adalah bagian dari keluarga ketiga.

Kejadian pada Hari Terakhir

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.