Sunday, May 21, 2023

Murah Hati ~ Pdt. Leonardo Sjiamsuri

Kemurahan Hati
Catatan Ibadah ke-1 Minggu 21 Mei 2023

Mengapa kita harus murah hati?
1. Mencerminkan Karakter Allah.

Yohanes 3:16 (TB) Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Allah kita adalah Allah yang murah hati hingga memberikan anak tunggal-Nya kepada kita. Kalau kita tidak murah hati, kita mencerminkan Allah yang salah. Ini sebabnya Yesus pernah bertanya kepada para murid, "Menurut orang-orang, siapa Aku dan menurut kalian, siapa aku?"

Lewat pertanyaan tersebut Yesus ingin mengetahui pandangan orang-orang tentang diri-Nya dan para murid. Jika para murid mengenal-Nya dengan benar, tentulah mereka akan bersikap seperti Yesus.

2. Membuat Orang Memuji dan Memuliakan Tuhan. Jika kita dibantu oleh orang lain, kita pasti berterima kasih kepadanya. Ketika kita bermurah hati kepada orang lain, mereka pun akan memuji Tuhan kita.

2 Korintus 9:12 (TB) Sebab pelayanan kasih yang berisi pemberian ini bukan hanya mencukupkan keperluan-keperluan orang-orang kudus, tetapi juga melimpahkan ucapan syukur kepada Allah.

3. Memperbesar Pengaruh Kita. Ketika ada rapat untuk menyusun acara Agustusan, masing-masing mengemukakan idenya, tetapi belum ada kesepakatan. Lalu tiba-tiba muncul orang yang murah hati dan dia pun memberikan ide. Seketika itu juga idenya akan diterima karena orang-orang mengetahui bahwa dia pasti bermurah hati membiayai ide tersebut.

Orang yang murah hati bukan hanya omdo (omong doang) atau nato (not action, talk only), melainkan memberikan tindakan nyata. Smith Wigglesworth menjadi pendeta yang paling banyak membangkitkan orang mati, termasuk istrinya karena kemurahan hati istrinya.

Mungkin kamu bukan pendeta dan tidak melayani di gereja. Namun, siapa tahu lima tahun kemudian kemurahan hatimu saat ini bisa membuat seseorang dipakai oleh Tuhan dengan luar biasa, seperti Smith.

4. Berbuat Baik kepada Diri Sendiri.

Amsal 11:17 (TB) Orang yang murah hati berbuat baik kepada diri sendiri, tetapi orang yang kejam menyiksa badannya sendiri.

Jika yang tadi bertujuan untuk kebaikan orang lain, yang ini untuk diri sendiri. Siapa yang mau berbuat baik kepada diri sendiri? Jika mau, jangan medit / pelit / kikir. Rahab diselamatkan karena bermurah hati menolong dua pengintai dari Tanah Kanaaan.

Kisah Para Rasul 10:4 (TB) Ia menatap malaikat itu dan dengan takut ia berkata: "Ada apa, Tuhan?" Jawab malaikat itu: "Semua doamu dan sedekahmu telah naik ke hadirat Allah dan Allah mengingat engkau.

Kornelius merupakan orang non Yahudi pertama yang menerima baptisan Roh Kudus. Dia diperhatikan oleh Tuhan karena murah hati. Dia sering membantu orang-orang Yahudi. Jadi, yang naik ke hadirat Allah bukan hanya doa. Sedekah juga akan naik ke hadirat Tuhan.

Amsal 11:24 (TB) Ada yang menyebar harta, tetapi bertambah kaya, ada yang menghemat secara luar biasa, namun selalu berkekurangan.

Orang yang murah hati tidak akan pernah berkekurangan. Namun, orang yang pelit selalu merasa kurang.

KERINDUANKU
Ajarku 'tuk lebih lagi mengasihi-Mu. Bawaku mengerti isi hati-Mu. Baharuilah batinku dengan kuasa Roh-Mu. Inilah seg'nap hidupku kuberikan bagi-Mu.
Selama hidup kurindu menyatakan kemurahan-Mu, yang t'lah Kau perbuat di hidupku. Sebab Kau terlebih rindu 'tuk pulihkanku. Bawaku menjadi kesayangan-Mu.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.