Friday, April 7, 2023

Tidak Ada yang Memaksa

Table of Grace

Catatan Ibadah Jumat Agung ke-1 Minggu 7 April 2023

"Kamu harus bekerja keras untuk memindahkan gunungku," kata seorang encek kepadaku. Lanjutnya, "Jika tidak, kamu akan mengecewakan Mr. Huang yang memperkenalkanmu kepadaku."

"Mr. Huang lagi. Mr. Huang lagi. Kenapa terus membawa-bawa namanya?" tanya hatiku. Apa yang dia ketahui tentang hubungan kami? Kelihatannya tidak banyak yang dia ketahui. Hubungan kami tidaklah sedekat yang dia perkirakan.

Mr. Huang pernah berhenti membantuku. Saat itu dia bertanya, "Kalau seperti ini, besok-besok bagaimana kalau tidak ada aku?" Kala itu kujawab, "Makanya, serahkan kepada penggantimu. Ajari dia."

Namun, aku menjawab dalam hati, "Kalau masih bisa kutangani, ya akan kulanjutkan sendiri. Kalau tidak bisa, aku pun akan mengundurkan diri sepertimu. Gitu kok repot. Aku toh tidak harus sehidup semati dengan Mr. Big Baby itu."

2 Samuel 11:16-17 (TB) Pada waktu Yoab mengepung kota Raba, ia menyuruh Uria pergi ke tempat yang diketahuinya ada lawan yang gagah perkasa. Ketika orang-orang kota itu keluar menyerang dan berperang melawan Yoab, maka gugurlah beberapa orang dari tentara, dari anak buah Daud; juga Uria, orang Het itu, mati.

Jika Yoab bisa mengetahui batas kemampuan Uria, bukankah Tuhan yang menciptakan Yoab juga pasti mengetahui batas kemampuanku? Nah, Tuhan tidak akan mencobaiku melebihi batas kemampuanku.

1 Korintus 10:13 (TB) Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

Jika gunung atau lawan di depanku terlalu besar melampaui batas kemampuanku, pastilah aku diminta mundur karena Tuhan tidak akan berencana membinasakanku seperti Yoab memanfaatkan keterbatasan Uria untuk membinasakannya sesuai titah Daud.

Yohanes 10:10 (TB) Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.

Jadi, kalau aku masih mau membantu encek tadi dalam memindahkan gunungnya, ini bukan karena Mr. Money, Mr. Position, dan Mr. Huang. Ini karena adanya penyertaan Tuhan. Mr. Huang hanyalah salah satu sarana yang dipakai oleh Tuhan. Kalau dia tidak mau dipakai-Nya, Tuhan bisa memakai orang lain.

Nah, kalau Tuhan tidak mau menyertaiku di sana, sekalipun Mr. Huang kecewa, emang gue pikirin? Sekalipun Mr. Huang mau membantuku, dia tidak mungkin menyertaiku selama 24 jam non-stop. Hanya Tuhan yang bisa melakukannya.

Bilangan 14:42 (TB) Janganlah maju, sebab TUHAN tidak ada di tengah-tengahmu, supaya jangan kamu dikalahkan oleh musuhmu,

Itu pesan Musa kepada orang Israel, tetapi mereka tidak mau mendengarnya. Alhasil, mereka benar-benar dikalahkan musuh. Jadi, ada kalanya kita harus maju terus pantang mundur dan ada kalanya kita mundur untuk maju.

Selain itu, jika aku takut kehilangan hubungan baik dengan Mr. Huang, pastilah akan kuberikan hal-hal yang dia sukai. Faktanya, aku malah memberinya produk anti rokok dan Alkitab audio padahal kutahu pasti dia lebih cinta pada rokok daripada firman Tuhan. Jadi, encek itu tidak bisa memaksaku untuk membantunya. Mr. Huang juga tidak bisa. Aku ini terlahir sebagai jiwa yang bebas. Namun, aku harus membantunya selama aku mampu.

Amsal 3:27 (TB) Janganlah menahan kebaikan dari pada orang-orang yang berhak menerimanya, padahal engkau mampu melakukannya.

Garis bawahi itu "selama aku mampu". Kalau aku tidak mampu, ya pasti mundur karena aku lebih mampu berpura-pura bodoh daripada berpura-pura pintar. Jadi, ngapain nakut-nakuti aku dengan nama Mr. Huang? Teman Mr. Huang sampai tak mampu berkata-kata dan berusaha pura-pura tidak dengar. 

Mr. Saiton aja tunduk kepada nama Yesus. Masa Mr. Huang tidak begitu? Hehehe ... Mr. Huang pasti lebih pengertian daripada Mr. Saiton. Selain itu, aku ini Miss Yang (杨) dari kata Yang disayang Tuhan … wkwwkw … Sebenarnya beda bahasa, beda nada, dan beda artinya, tetapi anggap saja benar …^.^…

ARTI KEHADIRAN-MU
Jalan-Mu tak terselami oleh setiap hati kami. Namun satu hal kupercaya ada rencana yang indah. Tiada terduga kasih-Mu, Heran dan besar bagiku. Arti kehadiran-Mu s'lalu nyata di dalam hidupku.
Reff: Penyertaan-Mu sempurna, Rancangan-Mu penuh damai, Aman dan sejahtera Walau di tengah badai. Inginku s'lalu bersama Rasakan keindahan arti kehadiran-Mu Tuhan.

Perbincangan di Meja Makan

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.