Sunday, April 23, 2023

Menghadapi Raksasa ~ Ps. Robert Tedjasukmana

Catatan Ibadah ke-1 Minggu 23

Kita semua mau berjalan dalam limpahan kasih karunia, tetapi seringkali kita tidak mengalaminya karena ada raksasa dalam hidup kita. Raksasa ini bisa berupa intimidasi.

1 Samuel 17:10 (TB) Pula kata orang Filistin itu: "Aku menantang hari ini barisan Israel; berikanlah kepadaku seorang, supaya kami berperang seorang lawan seorang."

Orang Israel ketakutan ketika mendengar permintaan orang Filistin untuk berperang satu lawan satu.

1 Samuel 17:3 (TB) Orang Filistin berdiri di bukit sebelah sini dan orang Israel berdiri di bukit sebelah sana, dan lembah ada di antara mereka.

Lalu tampillah Goliat dari Gat. Tingginya sekitar 3 meter. Jika tinggi rata-rata manusia Asia adalah 1,5 meter, tinggi Goliat 2 kali tingginya orang Asia. Selain itu, dia membawa senjata yang sangat berat. Ujung tombaknya pun memiliki berat kira-kira 7 kg. Mari kita lihat asal usulnya.

Kejadian 10:1, 6 (TB) Inilah keturunan Sem, Ham dan Yafet, anak-anak Nuh. Setelah air bah itu lahirlah anak-anak lelaki bagi mereka. Keturunan Ham ialah Kush, Misraim, Put dan Kanaan.

Kanaan merupakan keturunan Nuh yang dikutuk. Ini karena dia memviralkan aurat ayahnya.

Kejadian 9:22, 24-25 (TB) Maka Ham, bapa Kanaan itu, melihat aurat ayahnya, lalu diceritakannya kepada kedua saudaranya di luar. Setelah Nuh sadar dari mabuknya dan mendengar apa yang dilakukan anak bungsunya kepadanya, berkatalah ia: "Terkutuklah Kanaan, hendaklah ia menjadi hamba yang paling hina bagi saudara-saudaranya."

Di Kanaan tinggal orang-orang Enak. Mereka orang raksasa yang membuat orang Israel seperti belalang.

Bilangan 13:33 (TB) Juga kami lihat di sana orang-orang raksasa, orang Enak yang berasal dari orang-orang raksasa, dan kami lihat diri kami seperti belalang, dan demikian juga mereka terhadap kami."

Namun, sebenarnya raksasa itu tidaklah menakutkan seperti yang terlihat. Kita akan mempelajari kelemahannya.

Kejadian 10:13-14 (TB) Misraim memperanakkan orang Ludim, orang Anamim, orang Lehabim, orang Naftuhim, orang Patrusim, orang Kasluhim dan orang Kaftorim; dari mereka inilah berasal orang Filistin.

Orang Filistin juga merupakan keturunan Nuh dari Ham. Jadi, mereka adalah keturunan orang yang telah dikutuk.

Cara Mengatasi Raksasa, yaitu:
1. Jangan Mendengarkan Intimidasi.
2. Tanggalkan Bebanmu.
3. Gunakan Senjatamu.

Intimidasi Raksasa

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.