Sunday, April 23, 2023

Intimidasi Raksasa ~ Ps. Robert Tedjasukmana

Menghadapi Raksasa
Catatan Ibadah ke-1 Minggu 23

JANGAN DENGARKAN INTIMIDASI

Suatu hari George Bernard Dantzig terlambat mengikuti kuliah. Ketika dia tiba, kelas sudah bubar dan dosennya sudah pergi. Lalu dia melihat di papan tulis ada 2 soal Matematika. Dia pun menyalin soal itu dan berusaha mengerjakannya.

Pada mulanya dia merasa bahwa soal itu amat sulit. Meskipun demikian, dia tidak menyerah dan tetap berusaha mengerjakannya hingga selesai. Lalu pada hari kelima dia menyetorkan hasilnya kepada dosen. Dengan terkejut dosennya berkata, "Bagaimana kamu bisa mengerjakan soal ini?"

George Dantzig bertanya balik, "Apa ada yang salah?" Jawab dosennya, "Saat itu saya memberitahu para murid bahwa ini adalah 2 soal Matematika tersulit di dunia."

Semua murid lain telah mendengarnya sehingga tiap kali mau mengerjakan soal itu mereka langsung berpikir bahwa soalnya sulit. Namun, George Dantzig tidak pernah mendengarnya sehingga dia tidak menyerah dengan soal itu hingga bisa menyelesaikannya. Maka, jangan mau diintimidasi.

1 Samuel 17:4-5 (BIMK) Maka seorang jago berkelahi yang bernama Goliat, dari kota Gat, keluar dari perkemahan Filistin untuk menantang orang Israel. Tingginya kira-kira tiga meter, dan ia memakai topi tembaga dan baju perang tembaga yang beratnya kira-kira lima puluh tujuh kilogram.

Dari pagi hingga petang selama 40 hari lamanya dia mengintimidasi orang Israel. Tak ada yang berani melawannya. Namun, Daud baru saja datang ke medan perang untuk mengantar makanan bagi saudara-saudaranya. Karena tidak turut mendengar intimidasi tersebut, Daud tidak takut kepadanya. Dia pun nenawarkan diri untuk melawan Goliat. Dia pun maju dengan iman. Iman mengalahkan ketakutan.

1 Samuel 17:33 (TB) Tetapi Saul berkata kepada Daud: "Tidak mungkin engkau dapat menghadapi orang Filistin itu untuk melawan dia, sebab engkau masih muda, sedang dia sejak dari masa mudanya telah menjadi prajurit."

Bagaimana mungkin Saul mengatakan hal semacam itu kepada Daud? Dia sudah biasa berperang dan meraih kemenangan.

1 Samuel 14:47 (TB) Setelah Saul mendapat jabatan raja atas Israel, maka berperanglah ia ke segala penjuru melawan segala musuhnya: melawan Moab, bani Amon, Edom, raja-raja negeri Zoba dan orang Filistin. Dan ke mana pun ia pergi, ia selalu mendapat kemenangan.

Saul juga memiliki orang-orang yang gagah perkasa. Namun, mengapa dia takut kepada Goliat? Ini karena dia selalu mendengarkan intimidasi Goliat selama 40 hari. Maka, berhati-hatilah dengan apa yang kita dengarkan.

1 Samuel 14:52 (TB) Hebat peperangan melawan orang Filistin selama zaman Saul. Dan semua pahlawan dan orang gagah perkasa, yang dilihat Saul, dikumpulkannya kepadanya.

HE WILL CARRY YOU
There is no problem too big, God can not solve it. There is no mountain too tall, God can not move it.
There is no storm too dark, God can not calm it. There is no sorrow too deep, He can not soothe it.
If He carried the weight of the world upon His shoulders, I know my brother that He will carry you.
If He carried the weight of the world upon His shoulders, I know my sister that He will carry you.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.