Sunday, April 16, 2023

Engkaulah Orang Itu ~ Ps. Hendra Haryanto

Bejana Tuhan
Catatan Ibadah ke-1 Minggu 16 April 2023

Tidak mudah bagi para pria untuk mengucapkan permintaan maaf. Ketika pak Hendra berbuat kesalahan dan meminta maaf kepada istrinya, mungkin awalnya bisa. Namun, saat dia mengulangi kesalahan yang sama dan meminta maaf lagi, istri mungkin mulai kesal. Lalu jika kesalahannya masih diulangi lagi, istri bisa makin kesal hingga susah baginya untuk minta maaf lagi.

Begitu pula hubungan bapak dan anak. Seringkali bapak selalu benar dan anak selalu salah. Bos juga selalu benar dan karyawan selalu salah. Maka, lebih baik menjadi bos daripada menjadi karyawan. Dulu pak Hendra berpikir bahwa dia tidak mau menjadi bapak yang selalu merasa benar. Namun, ternyata dia masih juga melakukan kesalahan yang sama. Meskipun demikian, dia mau terus belajar.

KUPERSEMBAHKAN HIDUPKU
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Ini aku, s'mua milikku kuserahkan pada-Mu Tuhan. Penyesalan dan kebanggaan, suka dan duka, s'mua kuserahkan.
Yang t'lah lalu, yang 'kan datang, hasrat dan harapan yang terbayang. Masa depan dan rencanaku s'mua kuserahkan dalam tangan-Mu.
Reff: Kupersembahkan hidupku kepada-Mu Tuhan 'tuk kemuliaan-Mu. Kuberikan hidup ini s'bagai persembahan yang berkenan pada-Mu.
~ Kuberikan hidupku ... kepada-Mu Tuhanku ~

Drama Komedi. “Jika ada kesamaan nama dan tempat, ini hanya kebetulan belaka karena kami tidak berniat menyenggol dan hanya mau menabrak.”

Angela - seorang sekretaris yang bekerja di PT. Pujangga Semesta Raya Tiada Tara ... menggunakan nama Betsy untuk mencari jodoh lewat aplikasi DatingX. Lantas dia janji temu dengan salah seorang pesertanya. Dia sudah membayangkan bahwa orang itu kaya dan memiliki banyak harta.

Tak lama berselang pria itu terlihat batang hidungnya, tetapi dia mengenalinya sebagai bosnya. Maka, dia segera membalikkan badan dengan kebingungan. Lantas bos itu memanggilnya Betsy. Namun, ketika Angela membalikkan badan, bosnya terkejut.

Betsy langsung bertanya kepadanya, "Bagaimana mungkin bos menggunakan DatingX? Jika aku yang menggunakannya, wajar saja karena aku masih single. Namun, bos sudah memiliki istri dan anak. Bahkan, bos memiliki banyak karyawan, usaha ini itu, panti jompo, panti asuhan, rumah singgah, dan lain-lain."

Bos hanya menjawab, "Soal ini jangan diceritakan kepada siapa pun." Lalu dia pergi dan diikuti Angela yang bertanya, THR saya amankah?" 

Beberapa hari kemudian ada pendeta Natan yang diundang ke perusahaannya. Di tengah-tengah khotbahnya Angela memanggil bosnya dan memberitahu, "Bos viral" sambil menunjukkan fotonya bersama wanita lain (tampak punggung) telah tersebar.

Bos berusaha menyangkal hal itu. Lalu Angela bertanya kepada pdt. Natan sambil menunjukkan foto tersebut, "Apa ini bos?" Natan membandingkan foto itu dengan bosnya Angela. Karena memang sesuai, dia pun menegur si bos.

Maka, bos menangis dan mengakui kesalahannya di depan pdt. Natan, "Bagaimana pandangan karyawanku? Bagaimana pandangan tetanggaku yang tukang gosip?" Jawab pdt. Natan, "Bertobatlah, sekalipun kita tidak setia, Tuhan tetap setia dan Dia bisa memulihkanmu."

DALAM ANUGRAH-MU
Lebih dalam kumengenal-Mu, Satu hal kutahu Kau tak lepaskanku. Kasih-Mu mengejar langkahku. Masa laluku tunduk dalam anug’rah-Mu.
Reff : Kupercaya kuasa-Mu jadikan s’galanya baru. Kutinggalkan semua kehidupan yang lama. Kupercaya kehendak-Mu yang memurnikan hatiku, Menjadikanku baru sesuai dengan kehendak-Mu.
Bait : Lebih dari yang kuhadapi, satu hal kutahu janji-Mu teruji. Pulihkan hancurnya hatiku dan membawaku hidup dalam anug’rah-Mu. 

Selain rendah hati, kita harus JUJUR / TERBUKA mengakui kesalahan kita di hadapan Tuhan. Lalu harus HANCUR HATI atau benar-benar bertobat.

Drama Kantoran

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.