Sunday, October 11, 2020

Cara Rendah Hati (1) ~ Pdt. Sukirno Tarjadi

Kerendahan Hati
Catatan Ibadah Online Minggu 11 Okt 2020

Cara Belajar Rendah Hati, yaitu:
1. Segala sesuatu bukan tentang saya, tetapi tentang Tuhan.
2. Menyadari dan menerima keterbatasan kelemahan dan kekurangan diri sendiri.

Segala Sesuatu Bukan tentang Saya, tetapi tentang TUHAN.

Daniel 4:30 berkatalah raja: "Bukankah itu Babel yang besar itu, yang dengan kekuatan kuasaku dan untuk kemuliaan kebesaranku telah kubangun menjadi kota kerajaan?"

Nebukadnezar selalu berpusat kepada dirinya, sedangkan Daniel sebaliknya. Daniel selalu mengembalikan semua kemuliaan kepada Tuhan.

Daniel 2:27-28a Daniel menjawab, katanya kepada raja: "Rahasia, yang ditanyakan tuanku raja, tidaklah dapat diberitahukan kepada raja oleh orang bijaksana, ahli jampi, orang berilmu atau ahli nujum. Tetapi di sorga ada Allah yang menyingkapkan rahasia-rahasia; Ia telah memberitahukan kepada tuanku raja Nebukadnezar apa yang akan terjadi pada hari-hari yang akan datang.

Pada akhirnya Nebukadnezar mengakui kekuasaan Tuhan. Dia mengakui bahwa orang kecil pun bisa menjadi penguasa karena ini bukan soal orangnya, melainkan sumbernya. Namun, dia harus diremukkan dulu selama 7 tahun. 7 hari atau 7 bulan tidak bisa membuatnya berubah.

Daniel 4:17 Titah ini adalah menurut putusan para penjaga dan hal ini menurut perkataan orang-orang kudus, supaya orang-orang yang hidup tahu, bahwa Yang Mahatinggi berkuasa atas kerajaan manusia dan memberikannya kepada siapa yang dikehendaki-Nya, bahkan orang yang paling kecil sekalipun dapat diangkat-Nya untuk kedudukan itu.

Daniel 4:25 tuanku akan dihalau dari antara manusia dan tempat tinggal tuanku akan ada di antara binatang-binatang di padang; kepada tuanku akan diberikan makanan rumput, seperti kepada lembu, dan tuanku akan dibasahi dengan embun dari langit; dan demikianlah akan berlaku atas tuanku sampai tujuh masa berlalu, hingga tuanku mengakui, bahwa Yang Mahatinggi berkuasa atas kerajaan manusia dan memberikannya kepada siapa yang dikehendaki-Nya.

Daniel sudah pernah memberitahu Nebukadnezar hal-hal yang harus dilakukannya, tetapi Nebukadnezar tidak mau mendengarnya. Maka, mimpinya pun terjadi padanya setahun kemudian.

Daniel 4:26 Yang dikatakan tentang membiarkan tunggul pohon itu, berarti: kerajaan tuanku akan kembali tuanku pegang segera sesudah tuanku mengakui, bahwa Sorgalah yang mempunyai kekuasaan.

Di Wall Street Journal ada artikel yang berjudul 'The Best Bosses are Humble Bosses'. Bos yang terbaik adalah bos yang rendah hati. Jika bos rendah hati, setiap karyawan akan bekerja sebaik mungkin untuknya. Orang-orang hebat seringkali merupakan orang-orang yang rendah hati. Jika ada orang yang bersikap sombong, kita bisa mengetahui akhirnya.

Amsal 16:18 Kecongkakan mendahului kehancuran, dan tinggi hati mendahului kejatuhan.

Cara Rendah Hati (2)

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.