Sunday, August 16, 2020

Cara Memiliki Keturunan Ilahi ~ Pdt. Hengky So, M.Th

Catatan Ibadah Online Minggu 16 Agt 2020

Beberapa waktu lalu ada pendeta senior dari Covenant Life Church -Joshua Harris- dan penyanyi lagu rohani gereja Hillsong -Marty Sampson-  yang mengakui di media sosial bahwa mereka telah meninggalkan imannya. Padahal pendeta tersebut pernah mengajarkan pentingnya kekudusan dalam pernikahan dengan menulis buku 'I Kissed Dating Goodbye'.

A Recipe for Disaster
Lalu John Marriott meneliti penyebab orang-orang murtad dari imannya sekalipun pelayanan mereka luar biasa. Di dalam buku A Recipe for Disaster dia menyatakan bahwa orang sampai meninggalkan imannya dipengaruhi oleh bagaimana mereka diasuh dalam keluarganya dan bagaimana mereka dimuridkan oleh gereja tentang kekristenan. Ini sebabnya harus ada pemuridan dalam keluarga.

Cara Memiliki Keturunan Ilahi, yaitu:
1. Orang Tua Harus Menjadi Guru.
Ulangan 6:6-7 Apa yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan, haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.
Karena saat ini sekolah online, mendadak banyak orang tua yang darah tinggi sehingga obat darah tinggi paling laris dijual di apotek. Ini karena mendadak orang tua harus menjadi guru. Pandemi ini bisa merupakan panggilan bagi orang tua untuk mengajar anak-anaknya, termasuk mengajarkan hal-hal rohani. Dengan demikian, orang tua harus mengetahui firman agar bisa mengajarkan firman.

Roy Mossholder2. Orang Tua Harus Menjadi Role Model. Di dalam melakukan pemuridan orang tua harus bisa menjadi teladan. Jika orang tua belum Kristen, pemuridan harus dilakukan oleh orang yang sudah senior dalam kerohanian. Namun, di dalam keluarga Kristen orang tualah yang harus bertanggung jawab memuridkan anak-anaknya. Pemuridan harus dilakukan dengan pemberian teladan dan bukan sekedar pintar mengajar dengan perkataan.
1 Korintus 4:16 Sebab itu aku menasihatkan kamu: turutilah teladanku!
Roy Mossholder ceraiPaulus bisa mengatakan hal tersebut karena dia telah melakukan apa yang dia ajarkan. Sementara itu Roy Mossholder menulis buku tentang pernikahan dan melayani pernikahan Kristen, termasuk konselingnya. Namun, dia sendiri bercerai dari isterinya. Lantas dengan jujur dia mengakui bahwa dia tidak melakukan hal-hal yang telah diajarkannya. Inilah yang menyebabkan kegagalan pernikahannya.

3. Orang Tua Harus Menjadi Motivator. Anak zaman sekarang tidak sekuat anak zaman dulu yang terbiasa dengan kesulitan. Ini sebabnya orang tua harus menjadi motivator bagi anak.
Ibrani 10:24 Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik.
4. Orang Tua Harus Menjadi Konselor. Ketika anak membutuhkan bantuan, orang tua harus bisa mengarahkan.
1 Tesalonika 2:11 Kamu tahu, betapa kami, seperti bapa terhadap anak-anaknya, telah menasihati kamu dan menguatkan hatimu seorang demi seorang,
BERSAMA KELUARGAKU
Kami datang di hadirat-Mu dalam satu kasih, dengan bersehati. Berjanji setia sampai akhir mengasihi-Mu, Yesus.
Chorus: Bersama k'luargaku melayani Tuhan. Bersatu s'lamanya mengasihi Engkau. Tiada yang dapat melebihi kasih-Mu, ya Tuhan. Bagi kami Engkau segalanya.

Bridge: Gelombang badai hidup coba menghalangi. Namun kuasa Tuhan buka jalan kami.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.