Friday, April 19, 2019

Kekecewaan Pribadi ~ Ps. Philip Mantofa

Sumber Pertengkaran
Catatan Ibadah Jumat Agung ke-1 (19/04/2019)

Kecewa kepada Diri Sendiri
Yakobus 4:3 Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu.
Tuhan meminta kita untuk mengasihi sesama seperti kita mengasihi diri sendiri, bukan mengasihani diri sendiri. Ketika doa tidak dikabulkan, akhirnya bisa juga kecewa kepada diri sendiri. Orang yang kecewa kepada diri sendiri seringkali tidak mau mengakuinya. Karena kecewa kepada diri sendiri, mereka pun tidak bisa mengasihi orang lain. Orang yang tidak pernah memuji, biasanya juga karena tidak pernah mendapat pujian.

Agar doa dikabulkan, kita harus berdoa seturut kehendak Tuhan. Doa orang benar bila didoakan dengan yakin, besar kuasanya. Jadi, sebelum beriman kita harus benar terlebih dahulu. Jika doa kita tidak benar, bagaimana bisa dikabulkan? Jika berdoa agar wanita yang disukai bercerai dari suaminya padahal diri sendiri juga masih terikat perkawinan, mana mungkin dikabulkan. Jika sampai dikabulkan, pasti setan yang mengabulkannya.
Yakobus 4:4 Hai kamu, orang-orang yang tidak setia! Tidakkah kamu tahu, bahwa persahabatan dengan dunia adalah permusuhan dengan Allah? Jadi barangsiapa hendak menjadi sahabat dunia ini, ia menjadikan dirinya musuh Allah.
Mengejar yang Benar
Tuhan Yesus telah membeli kita secara lunas, sekalipun kita hanya rongsokan. Dia tidak mencicil penderitaan-Nya, seperti dihina dulu lalu beberapa tahun kemudian baru difitnah, tetapi Dia langsung membayar lunas. Namun, beberapa dari kita tidak mau menyerahkan hidup kita kepada-Nya. Jika kita membeli rumah secara lunas, tetapi kita tidak mendapatkan rumahnya, tentu saja kita akan mengejar orang yang telah menerima uang kita. Demikianlah Tuhan terus mengejar kita karena Dia telah lunas membeli kita dengan darah-Nya.

Ada pula orang yang tidak mau menyerahkan kunci hatinya kepada Tuhan atau membiarkan rumah hatinya penuh sehingga Tuhan harus berada di luar rumah. Meskipun demikian, Tuhan tetap setia sekalipun kita tidak setia. Tuhan bukan hanya mau memulihkan setiap gereja, tetapi dia mau memulihkan setiap agama karena Dia datang ke dunia bukan untuk membuat agama, melainkan untuk membuat setiap orang memiliki hubungan baik dengan-Nya.
Yakobus 4:5 Janganlah kamu menyangka, bahwa Kitab Suci tanpa alasan berkata: "Roh yang ditempatkan Allah di dalam diri kita, diingini-Nya dengan cemburu!"
ENGKAU MAHA TAHU
Kemanakah aku dapat pergi menjauhi Roh-Mu Tuhan? Kuberlari mendaki ke langit namun Engkau ada di sana. Aku terbang dengan sayap fajar diam di ujung bumi. Namun tangan-Mu menuntunku s`lalu. Bawalah mendekat pada-Mu.
Reff : Engkau Tuhan Allah Maha Tahu. Betapa dahsyat-Nya kuasa-Mu. Hadirat-Mu kini penuhiku. Bawaku mendekat pada-Mu.

Itulah roh yang diingini Tuhan dengan cemburu.
Yakobus 4:6-7 Tetapi kasih karunia, yang dianugerahkan-Nya kepada kita, lebih besar dari pada itu. Karena itu Ia katakan: "Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati." Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu!
Menjadi Kristen itu mudah karena keselamatan kita peroleh dengan cuma-cuma, tanpa melakukan ritual agama apapun. Namun, menjadi Kristen juga susah karena kita harus memikul salib setiap hari. Ketika ditampar pipi kanan, kita harus memberikan pipi kiri. Hal itu tidak seperti ajaran dunia yang mengajarkan mata ganti mata atau gigi ganti gigi. Mereka baik kepada kita jika kita baik kepada mereka, tetapi orang Kristen harus tetap baik apapun yang terjadi. Hal ini baru bisa dilakukan jika kita memandang salib Yesus karena Tuhan Yesus telah menanggung semuanya di kayu salib.

VIA DOLOROSA
Jalan via dolorosa saat di Yerusalem. Seorang tak berdosa disalibkan, dicaci dan dihina, diteriakkan kematian-Nya. Dia disiksa dan didera, dicambuk di tubuh-Nya. Mahkota duri pada kepala-Nya. Dipikul-Nya salib Dia. Dia melangkah menuju Kalvari.
Reff : Jalan via dolorosa, jalan penderitaan. Yesus Kristus domba Allah disalib. Dia memilih disalib bukti kasih pada kita. Karena kita, Dia serahkan diri-Nya di Kalvari.
Bridge : Darah-Nya mengalir membasuh dosa, membukakan jalan kepada Allah.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.