Sunday, January 14, 2018

Pandangan-pandangan Salah tentang Perpuluhan ~ Ps. Philip Mantofa

Kebenaran dalam Batin tentang Perpuluhan
Catatan Ibadah ke-1 Minggu 14 Jan 2018
(youtu.be/OI_wOcdlVmA dan youtu.be/oy-WuzUpRbQ)


Beberapa orang tidak memberikan perpuluhan karena ada pandangan-pandangan umum yang salah (menipu), sebagai berikut:
1. Gereja kecil paling perlu dukungan dana. Jika gereja kecil karena baru dirintis atau dalam situasi perang, tentu membutuhkan dukungan dana. Namun, jika gereja kecil karena pengelolaan yang salah, gereja tersebut perlu dididik atau dimentori terlebih dahulu agar mengembangkan iman pula. Berikan seseorang ikan maka dia akan makan sekali tetapi berilah dia kail maka dia akan makan seumur hidupnya.

2. Gereja besar pasti tidak perlu dukungan dana. Jika gereja besar karena pengelolaan yang jelas, ada visi dan misinya untuk kebenaran, tentu masih perlu dukungan dana. Dana ini akan dialokasikan untuk membantu beberapa hamba Tuhan di gereja kecil yang masih kesulitan mencukupi kebutuhannya, yayasan sosial seperti Yayasan Sentusan Kasih Bangsa (YSKB), pendidikan anak-anak, kerjasama dengan lembaga non Kristen untuk menjangkau orang-orang yang membutuhkan termasuk membantu korban perang, Festival Kuasa Allah, dan sebagainya.
2 Korintus 4:15 Sebab semuanya itu terjadi oleh karena kamu, supaya kasih karunia, yang semakin besar berhubung dengan semakin banyaknya orang yang menjadi percaya, menyebabkan semakin melimpahnya ucapan syukur bagi kemuliaan Allah.
3. Perpuluhan tidak diperintahkan di Perjanjian Baru. Ini rekayasa gereja. Oke! Jika tidak mau memberikan 10%, berikan saja semuanya kepada Tuhan sebesar 100% sesuai Perjanjian Baru. Di Perjanjian Baru persepuluhan tidak dihapuskan tetapi malah diperbesar. Kita diminta untuk mempersembahkan seluruh hidup kita kepada Tuhan.
Matius 19:21-22 Kata Yesus kepadanya: "Jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku." Ketika orang muda itu mendengar perkataan itu, pergilah ia dengan sedih, sebab banyak hartanya.
Taat membawa Berkat
4. Perpuluhanku terlalu besar. Sebenarnya tidak ada perpuluhan yang terlalu besar atau terlalu kecil karena sama-sama 10% dari penghasilan. Jika ingin memberikan sedikit perpuluhan, silahkan saja dan semoga penghasilannya juga sedikit karena perpuluhan harus tetap 10% berapapun jumlah penghasilannya.

5. Perpuluhanku harus disebar atau lebih aman aku salurkan sendiri. Ini seperti keimaman yang salah ala raja Saul, raja Uzia, dan Usa. Mereka bertiga tidak mendapat perkenanan Tuhan karena telah melangkahi fungsi imam. Dikelola sendiri juga belum tentu baik karena pengelolaannya harus sesuai hikmat dari Tuhan. Jika tidak percaya kepada gereja, lebih baik cabut sekalian dari gerejanya dan bukan hanya menahan uangnya. Jika kita mempercayakan kehidupan kita dan anak-anak kita di sebuah gereja, seharusnya kita juga bisa mempercayai gerejanya dalam pengelolaan keuangan.
Maleakhi 3:10 Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.

Maleakhi 3:11-12 Aku akan menghardik bagimu belalang pelahap, supaya jangan dihabisinya hasil tanahmu dan supaya jangan pohon anggur di padang tidak berbuah bagimu, firman TUHAN semesta alam. Maka segala bangsa akan menyebut kamu berbahagia, sebab kamu ini akan menjadi negeri kesukaan, firman TUHAN semesta alam.

DOA YABES. Kiranya Engkau memberkati aku berlimpah-limpah dan memperluas daerahku, dan kiranya tangan-Mu menyertai aku, dan melindungi aku daripada malapetaka, sehingga kesakitan tidak menimpa aku. >> Kupercaya Engkau bekerja. Kiranya Engkau memberkati aku berlimpah-limpah dan memperluas daerahku, dan kiranya tangan-Mu menyertai aku, dan melindungi aku daripada malapetaka, sehingga kesakitan tidak menimpa aku. >> Tuhan mendengarkan dan menjawab doaku.

ALLAHKU ‘kan MEMENUHI KEPERLUANKU. Allahku 'kan memenuhi keperluanku menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya. Allahku 'kan mencukupi kebutuhanku di dalam Yesus Tuhan. Verse: Tiada yang mustahil bagi Dia. Ajaib s'gala perbuatan-Nya. S'gala perkara kutanggung dalam Dia di dalam kekuatan kuasa-Nya, di dalam kekuatan kuasa-Nya.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.