Sunday, October 1, 2017

Anggur Berubah Menjadi Air ^_^

Catatan Ibadah ke-1 Minggu 01 Oktober 2017

Kemarin lusa seorang teman pria tiba-tiba mengatakan bahwa dia tidak 'minum', kecuali saat pesta itu. Dia merasa tidak enak jika tidak 'minum' karena budayanya sudah begitu. Aku hanya mendengarkan sambil lalu. Karena belum pernah berada di dalam situasi semacam itu, aku pun asal berkata: "Minta air putih saja. Toh tujuannya sama-sama minum...^.^"

Setahuku wanita tak pernah dituntut minum anggur atau minuman memabukkan lainnya. Dulu engkongku amat kuat minum bir atau arak sebelum jatuh sakit di usia tuanya. Namun, aku tak pernah mendengar dan melihat dia mewajibkan puteri-puterinya minum. Aku pun tak pernah diajari atau dipaksa minum oleh engkong. Seandainya ingin mencoba sedikit, pasti dilarang pula tetapi aku juga tidak tertarik sich dengan minuman semacam itu. ^_^ Bahkan, dari beberapa anak lelakinya, hanya satu anak lelakinya yang pernah minum sampai mabuk.

Memiliki karakter benar seperti Kristus

Di dalam film Cina aku juga selalu melihat sutradara atau penulis skenario sengaja menempatkan seorang pria sok hebat untuk mewakili wanita minum. Biasanya pria-pria itu akan berkata: "Biar saya saja yang mewakilinya minum." ^_^ Namun, untunglah kebiasaan ini tidak ditiru oleh titiku. Dia pernah menolak pekerjaan sebagai sales karena calon bosnya mewajibkan dia mau minum-minum dengan klien. Karena tidak mau 'minum' walaupun sedikit, dia pun menjadi agen asuransi. Kalau agen asuransi, dituntut sehat lha.

Saat ini prosesi cing ciu juga tidak harus pakai arak karena sudah boleh diganti soft drink. Namun, aku juga tak bisa minum soft drink karena minuman tersebut bisa langsung memicu sakit maag sehingga tiap kali ke pesta aku hanya mau air putih. ^_^ Maka, harap maklum jika hanya saran minta air putih saja yang bisa kuberikan. Nah, kalau saranku dituruti, berarti telah terjadi suatu keajaiban yang membuat anggur berubah menjadi air... hahahaha...

Lagipula sebenarnya pria tadi tidak minta saran dan hanya bercerita. Namun, setelah mendengar saran ko Philip, aku punya ide untuk minta jus buah anggur hitam tanpa alkohol sebagai pengganti soft drink saat menghadiri pesta tetapi kemungkinan besar produk tersebut belum tersedia... hahaha... Jadi, ya kembali lagi ke pilihan air putih saja. Karena waktuku belum tiba untuk mengubah air menjadi anggur, pilihanku masih air putih. ^_^

Yohanes 2:3-4 Ketika mereka kekurangan anggur, ibu Yesus berkata kepada-Nya: "Mereka kehabisan anggur." Kata Yesus kepadanya: "Mau apakah engkau dari pada-Ku, ibu? Saat-Ku belum tiba."

HADIRAT-MU
Tuhan hadir di bait kudus-Nya saat umat mencari wajah-Nya.
Berseru berdoa bersujud menyembah dan menikmati kehadiran-Nya.
Tuhan mau dekat dengan umat-Nya yang datang dengan seg'nap hatinya.
Berseru berdoa bersujud menyembah dan menikmati kehadiran-Nya.
Hadirat-Mu memenuhiku.
Hadirat kudus-Mu penuhi bait-Mu dan kutersungkur menyembah-Mu.
Yang kunampak hanya kemuliaan-Mu.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.