Sunday, July 23, 2017

Jadilah Dewasa: Mengalah ~ Pdt. Leonardo Sjiamsuri

Catatan Ibadah ke-1 Minggu 23 Juli 2017

3. Belajarlah Mengalah. Salah satu ciri orang yang tidak mau mengalah adalah sombong atau sok pintar dan selalu menganggap dirinya paling benar dan orang lain pasti lebih bodoh darinya. Orang sombong itu musuhnya Tuhan. Jika musuh kita setan, tentu bisa ditengking dalam nama Yesus. Namun, jika musuhnya Tuhan, apa bisa menang? Tuhan akan merendahkan orang yang sombong. Jika suami isteri bertengkar lalu suami sibuk mencari kesalahan isteri sedangkan isteri sibuk membenarkan diri, apa masalah akan selesai? Sekalipun kita menang, jika melihat keluarga kita tidak bahagia, untuk apa?

Belajar Mengalah dari Korek ApiHuruf Cina shuāngxǐ yang sering digunakan dalam pernikahan berarti double happiness atau kebahagiaan ganda. Jadi, di dalam keluarga kita harus mengupayakan kebahagiaan keluarga kita. Suami atau isteri harus sudah sama-sama bahagia sehingga pada saat bersatu timbullah kebahagiaan ganda. Maka, mengalah bukan berarti kalah. Jika suami mengalah sehingga isteri memperoleh kelepasan, ini namanya kemenangan. Akuilah kesalahan sekalipun tidak bersalah. Ketika kita bertanggung jawab menerima kesalahan itu, masalah akan terselesaikan. Jika dengan mengakui kesalahan, masalah dapat terselesaikan, mengapa kita tidak mengalah?

Kadangkala kita melihat ada anak kecil ngambek atau cemberut karena tidak dibelikan mainan. Jika suami atau isteri juga ngambek dan tidak mau mengalah, ini masih anak-anak. Agar dewasa, kita harus terus belajar. Lamanya usia pernikahan tidak menjamin kedewasaan karena seringkali Tuhan masih memberikan pewahyuan baru melalui pasangan kita. Seringkali kita pun harus melewati jalan-jalan-Nya yang tak terselami. ^_^

Ikut Tuhan tidak berarti hidup akan mulus seperti jalan tol. Kita tetap akan melewati jalan yang berduri, tidak rata, atau berkelok-kelok. Jika ada gereja yang menawarkan jalan mulus, jangan diikuti karena mereka hanya menawarkan Injil gulali (yang manis doank) padahal seharusnya ikut Tuhan juga harus mau pikul salib.

ARTI KEHADIRAN-MU
Jalan-Mu tak terselami oleh setiap hati kami. Namun, satu hal kupercaya ada rencana yang indah. Tiada terduga kasih-Mu, heran dan besar bagiku. Arti kehadiran-Mu s'lalu nyata di dalam hidupku.
Reff: Penyertaan-Mu sempurna, rancangan-Mu penuh damai, aman dan sejahtera walau di tengah badai. Ingin kus'lalu bersama rasakan keindahan arti kehadiran-Mu Tuhan.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.