Sunday, July 16, 2017

Berkat Tuhan Paling Murah

Catatan Ibadah ke-1 Minggu 16 Juli 2017

Alkisah hiduplah seorang peternak uang yang ingin menggandakan uangnya. Maka, dia kongsian dengan orang asing untuk mengelola peternakan Bangjo. Semakin lama Bangjo semakin maju dan berkembang. Namun, tiba-tiba peternak uang menerima laporan dari Kucing bahwa orang asing telah melakukan sabotase keuntungan terhadap peternakan Bangjo. Lantas Kucing dipercaya oleh peternak tersebut untuk memenangkan gugatan di pengadilan dan dia pun berhasil membantu peternak untuk memperoleh sejumlah uang ganti rugi dari orang asing.
Ester 3:1 Sesudah peristiwa-peristiwa ini maka Haman bin Hamedata, orang Agag, dikaruniailah kebesaran oleh raja Ahasyweros, dan pangkatnya dinaikkan serta kedudukannya ditetapkan di atas semua pembesar yang ada di hadapan baginda.
Hmmm... ketika membaca ayat tersebut, tiba-tiba timbullah sejumlah pertanyaan: "Apa jasa Haman?" Jika membaca kisah selanjutnya yang mengisahkan rancangan fitnah Haman terhadap Mordekhai, timbul pula pertanyaan: "Apa Haman benar-benar berjasa kepada raja? Mungkinkah dulu dia naik pangkat setelah memfitnah orang lain pula?"

Entahlah... mari kita kembali ke peternakan Bangjo. Setelah kemenangan Kucing di pengadilan, Bangjo terpecah menjadi dua peternakan, yaitu peternakan Abang dan peternakan Ijo lalu terjadilah pembagian harta gono gini. Peternakan Abang di bawah kepemimpinan Kucing beroleh kesempatan pertama untuk memilih pekerja. Banyak pekerja tidak mau membantunya sehingga dia memberikan iming-iming uang: "Bagi setiap pemimpin yang mau bekerja di peternakan Abang akan mendapatkan bonus sekian kali gaji setiap tahunnya."

Sisihkan orang fasik
Alhasil, peternakan Abang dikelola oleh para pemimpin yang cinta uang. Sementara itu para pemimpin yang tidak tergiur dengan uang segera hengkang bersama orang asing untuk mendirikan peternakan Ijo. Tampaknya luar biasa sekali harta bawaan peternakan Ijo... benar-benar tak terbeli dengan uang. Tampaknya mereka mendapatkan loyalitas dari para pekerja yang tak tergoda dengan bonus uang semata dan rela merintis lagi dari awal.

Benarlah perkataan ko Philip bahwa uang merupakan berkat Tuhan yang paling murah. Uang yang diperoleh Kucing tidak bisa membawa kekayaan bagi peternakan Abang. Di bawah kepemimpinannya perlahan tapi pasti peternakan Abang mengalami degradasi etos kerja dan berkat pun seakan terhenti dengan sendirinya. Kucing pun mengatakan bahwa dia tidak akan memberikan bonus kepada mereka yang malas. Apa hanya itu solusinya? Tanpa uang, apa yang bisa dia lakukan? Apa dia juga telah berbuat adil dengan uang yang dititipkan kepadanya? Faktanya, mereka yang malas tetap mendapatkan bonus asalkan bisa mengambil hatinya karena Kucing juga termasuk mereka yang malas. Wew...

PEMIMPIN BUDIMAN - Gigi
Satu-satu hancur dihancurkan oleh mereka. Satu kehancuran belum cukup untuk mereka. Maaf, ku sedang mencari pemimpin yang paling benar. Maaf, ku sedang menunggu seorang penguasa, Penguasa yang paling baik.
Bingung aku bingung. Apakah mereka manusia yang punya nurani atau sedikit rasa? Maaf, ku sedang mencari pemimpin yang paling benar. Maaf, ku sedang menunggu penguasa, Penguasa yang paling baik.
Apakah mereka pintar? (Ooo) 
Apakah mereka bodoh? (Ooo) 
Apakah mereka sadar? (Ooo) 
Bukakanlah arah hatinya! (Ooo) 
Bukakan pintu hatinya! (Ooo) 
Bukakan mata hatinya! (Ooo) 
Maaf, ku sedang mencari pemimpin yang paling benar. Maaf, ku sedang menunggu penguasa yang paling baik.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.