Sunday, November 6, 2016

5 Roti dan 2 Ikan ~ Bpk.Paulus Bambang (karyawan Astra)

Catatan Ibadah ke-1 Minggu 06 November 2016
Matius 14:15 Menjelang malam, murid-murid-Nya datang kepada-Nya dan berkata: "Tempat ini sunyi dan hari sudah mulai malam. Suruhlah orang banyak itu pergi supaya mereka dapat membeli makanan di desa-desa."
Yohanes 6:7 Jawab Filipus kepada-Nya: "Roti seharga dua ratus dinar tidak akan cukup untuk mereka ini, sekalipun masing-masing mendapat sepotong kecil saja."

Murid-murid Yesus berusaha membatasi kuasa Tuhan. Mereka tidak sanggup menyelesaikan masalah lalu berpikir bahwa Yesus pun tidak sanggup sehingga mereka berusaha menyelesaikan masalah dengan pengetahuan mereka yang terbatas. Mereka menyarankan Yesus untuk menyuruh orang banyak itu pergi.

Saat ini perekonomian memang sedang lesu. Astra pun mengalami penurunan omzet. Keadaan seperti ini seringkali membuat kita menurunkan Yesus menjadi sama seperti manusia. Jika kita tidak bisa menyelesaikan masalah dengan pengetahuan yang kita miliki, kita pun berpikir bahwa Yesus juga tidak mungkin bisa menyelesaikannya. Kita melihat banyak constraint (pembatas) di sekitar kita sehingga kita tak bisa beriman dan tanpa iman kita tidak bisa melihat mujizat.

God will Make A WayAda 3 constraint yang seringkali membuat kita sulit beriman, yakni:
1. Tempat ini Sunyi (Place Constraint): tidak ada produksi.
2. Hari mulai Malam (Time Constraint): tidak ada lampu penerangan.
3. Budget 200 Dinar (Budget Constraint): tidak ada uang.

Iman kita tidak bisa melihat fakta bahwa tiada yang mustahil bagi Tuhan. Jika kita diminta mendoakan pasien kanker stadium 4, dengan iman kita akan berdoa: "Dalam nama Yesus pasien ini akan sembuh." Namun, seringkali iman kita dipengaruhi oleh fakta sehingga tanpa iman, doa kita menjadi: "Dalam nama Yesus pasien ini akan sembuh. Engkau tahu apa yang terbaik baginya. Terjadilah seturut kehendak-Mu."

Nah, kalau pendeta berdoa tidak yakin seperti itu, pasien pasti sudah bersiap-siap untuk penguburannya. Oleh sebab itu, Tuhan Yesus sendiri berinisiatif mengangkat iman kita dan ingin kita pun bisa membuat mujizat.
Matius 14:16 Tetapi Yesus berkata kepada mereka: "Tidak perlu mereka pergi, kamu harus memberi mereka makan."
Yohanes 14:12-13 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa; dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.

SEPERTI YESUS: Seperti Yesus, seperti Yesus, Itulah yang kupinta. Dalam hidupku sampai di sorga kurindu seperti Yesus.
Matius 14:17 Jawab mereka: "Yang ada pada kami di sini hanya lima roti dan dua ikan." 
Yohanes 6:8-9 Seorang dari murid-murid-Nya, yaitu Andreas, saudara Simon Petrus, berkata kepada-Nya: "Di sini ada seorang anak, yang mempunyai lima roti jelai dan dua ikan; tetapi apakah artinya itu untuk orang sebanyak ini?"

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.