Sunday, April 2, 2017

Mematahkan Kutuk Kemiskinan: Buat Rencana - Ps. Philip Mantofa

Mematahkan Kutuk Kemiskinan
Catatan Ibadah ke-1 Minggu 02 April 2017 (youtu.be/mdGx0qv5W8o)

Buatlah perencanaan dan serahkan rencana tersebut kepada Tuhan. Jangan ingin cepat kaya karena akar segala kejahatan adalah cinta uang. Jangan ingin cepat kaya agar dicintai banyak wanita karena kebanyakan wanita tersebut tidak mencintaimu dan hanya mencintai kepribadianmu, yaitu mobil pribadimu, rumah pribadimu, dan barang-barang pribadimu. Oleh karena itu, daripada mengejar kekayaan, lebih baik nyatakan impianmu kepada Tuhan dan biarkan Dia membimbingmu setahap demi setahap.
Lukas 14:28 Sebab siapakah di antara kamu yang kalau mau mendirikan sebuah menara tidak duduk dahulu membuat anggaran biayanya, kalau-kalau cukup uangnya untuk menyelesaikan pekerjaan itu?
Kebanyakan anak muda berbisnis karena tergiur akan keuntungan besar atau keserakahan tetapi mereka tidak memperhitungkan anggaran biayanya. Bahkan, ada kalanya modal mereka hanya cukup untuk berbisnis selama 3 bulan saja sehingga mereka pun terlilit hutang. Apa salahnya anak muda bekerja dulu selama 7 atau 14 tahun seperti Yakub bekerja kepada Laban? Umur 40 tahun belum terlambat untuk mulai berbisnis.

Sebaiknya anak muda jangan berbisnis untung-untungan. Berbisnislah jika memang ada kemampuan modal dan pengetahuan yang diperlukan, kecuali diwarisi bisnis oleh orang tua. Jangan mengandalkan modal pinjaman dari bank atau pihak lain karena hal ini juga tidak menjamin kesuksesanmu dan bagaimanapun juga pinjaman tetaplah harus dikembalikan. Lakukan perhitungan biaya yang cermat sebelum memulai bisnis. Sebaiknya dimulai dari bisnis kecil lalu bisnis menengah dan barulah bisnis besar.

Ada film tentang 2 wanita yang gagal berbisnis cup cake. Seharusnya mereka melakukan riset pasar terlebih dahulu sebelum memulai bisnisnya. Sekalipun mereka mahir membuat cup cake, apa gunanya jika tidak ada yang mau membelinya? Mereka akan menutup toko dan menghabiskan sendiri cup cake mereka.

Anak orang kaya sebaiknya bekerja dulu sebagai karyawan di perusahaan lain sebelum mewarisi bisnis orang tua. Tingkatkan pengetahuan dan jangan terlalu bangga sekalipun lulusan Amerika karena ini Indonesia. Lakukanlah riset pasar. Penjual makanan Jepang di Israel mengetahui bahwa di sana banyak orang Yahudi sehingga makanan Jepangnya dibuat sesuai selera orang-orang Yahudi. Maka, makanan Jepang di sana bisa laku sekalipun tidak seenak di Jepang.
Pengkhotbah 9:16 Kataku: "Hikmat lebih baik dari pada keperkasaan, tetapi hikmat orang miskin dihina dan perkataannya tidak didengar orang."
Financial freedom (kebebasan finansial) tiap orang tidak sama karena kebutuhan tiap orang juga tidak sama. Kebebasan finansial ini harus kita raih agar nama Tuhan dipermuliakan. Jika pendeta miskin menegur kesalahan orang kaya, dia bisa dihina apabila hidupnya masih bergantung kepada orang kaya tersebut. Jika kita memiliki kebebasan finansial, kita bisa meluruskan kesalahan orang kaya karena hidup kita tidak lagi bergantung kepada uangnya. Ada orang kaya yang suka memerintah: "Bukakan buku ini atau itu" tetapi ko Philip menolaknya dengan jawaban: "Bukalah sendiri." Dia pun terkejut dan ko Philip segera meluruskan sikapnya.

Jika ada orang kaya mentraktir kita, ini bukan berarti dia lebih kaya daripada kita. Kita hanya memberinya kesempatan karena sesungguhnya semua orang kaya pasti ada sisi pelitnya. Ada yang rela mengeluarkan banyak uang untuk makanan tetapi selalu mencari tiket penerbangan yang murah. Ada yang rela mengeluarkan banyak uang untuk makanan, pakaian, dan sebagainya tetapi tidak mau beramal. Ini berarti orang kaya pun belum tentu memiliki kebebasan finansial. Lebih baik orang yang miskin materi tapi bermental kaya daripada orang yang kaya materi tapi bermental miskin.

AJAR KAMI TUHAN. Ajar kami Tuhan menghitung hari-hari agar kami beroleh hati bijaksana. Ajar kami Bapa hidup dalam jalan-Mu agar semua rencana-Mu digenapi. Mulialah nama-Mu Tuhan dan ajaib jalan-Mu, pimpin kami di setiap waktu. Besar setia-Mu Tuhan, agunglah karya-Mu. Yesus kami bersyukur pada-Mu.

MENDUKUNG PEMBANGUNAN GEREJA

Tabur TuaiTuliskanlah pergumulan keuangan kalian di bagian luar amplop pembangunan gereja. Nanti pada saat ibadah Jumat Agung kumpulkanlah amplop tersebut beserta persembahannya, baik berupa uang ataupun bukti transfer.
2 Korintus 9:6 Camkanlah ini: Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit juga, dan orang yang menabur banyak, akan menuai banyak juga.
Banyak atau sedikit bukan soal nilainya tetapi soal hatinya. Janda miskin yang memberi 2 peser dipandang Yesus memberi lebih banyak daripada orang kaya karena dia memberi dari kekurangannya dan bukan dari kelimpahannya. Dia tetap memberi sekalipun mengetahui bahwa persediaan makanannya hanya sedikit. Dia mendahulukan Tuhan dan kepentingan orang lain di atas kepentingan pribadinya.
2 Korintus 9:7-8 Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita. Dan Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia kepada kamu, supaya kamu senantiasa berkecukupan di dalam segala sesuatu dan malah berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan.
Tuhan akan memberkati setiap orang yang memberi dari kelimpahannya, dan terutama yang mau berkorban dengan memberi dari kekurangannya sehingga kita akan berkecukupan dan berkelimpahan dalam pelbagai kebajikan.
Hagai 1:4-5 "Apakah sudah tiba waktunya bagi kamu untuk mendiami rumah-rumahmu yang dipapani dengan baik, sedang Rumah ini tetap menjadi reruntuhan? Oleh sebab itu, beginilah firman TUHAN semesta alam: Perhatikanlah keadaanmu!
Apa lantai rumahmu terbuat dari tegel? Apa rumahmu telah memiliki dinding? Jika ya, ayat tersebut berlaku untukmu dan juga untuk saya sendiri. Biarlah Roh Kudus sendiri yang membimbing kita untuk mengetahui jumlah yang harus kita berikan dan suami isteri harus sepakat dalam jumlah pemberian.


Rumus Ikhlas

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.