Sunday, March 31, 2024

Alive ~ Ps. Jose Carol

Catatan Ibadah Paskah ke-1 Minggu 30 Maret 2024

Lukas 24:1 (TB) tetapi pagi-pagi benar pada hari pertama minggu itu mereka pergi ke kubur membawa rempah-rempah yang telah disediakan mereka.

Mereka yang datang ke kubur Yesus adalah para wanita. Mereka membawa rempah-rempah. Ini berarti mereka ingin menemukan mayat Yesus. Seharusnya hal ini mereka lakukan sebelum Yesus dikubur, tetapi mereka belum melakukannya. Jadi, pada hari Sabtu sunyi mereka menyiapkan rempah-rempah dan pada hari Minggu mereka membawanya ke kubur Yesus.

Lukas 24:4 (TB) Sementara mereka berdiri termangu-mangu karena hal itu, tiba-tiba ada dua orang berdiri dekat mereka memakai pakaian yang berkilau-kilauan.

Ketika mereka tiba di kuburan Yesus, mereka mendapati bahwa batu besar sudah terguling dari kubur itu. Mereka pun bertanya-tanya lalu tiba-tiba mereka didatangi oleh malaikat.

Lukas 24:5 (TB) Mereka sangat ketakutan dan menundukkan kepala, tetapi kedua orang itu berkata kepada mereka: "Mengapa kamu mencari Dia yang hidup, di antara orang mati?

Jika ada terang, kegelapan pasti pergi. Jika terang pergi, kegelapan akan langsung menyelimuti. Demikian pula jika ada kehidupan, tak mungkin ada kematian. Kita tidak mungkin mencari orang hidup di antara orang mati.

Pak Jose pernah pergi ke kota Matera di Italia. Di sana pernah dilakukan syuting film Passion of the Christ karena situasinya mirip dengan daerah-daerah orang Yahudi. Tempat itu mati karena tidak ada kehidupan di dalamnya. Kita juga pernah menemukan restoran yang mati padahal masih buka. Kita juga bisa menemukan gereja yang mati padahal masih tetap mengadakan ibadah. Kita juga bisa melihat ada perusahaan yang mati dan pernikahan yang mati.

Apa perbedaan pohon mati dan pohon hidup? Pohon yang masih hidup akan terus bertumbuh. Segala sesuatu yang hidup tidak akan tetap sama, tetapi pasti bertumbuh. Seharusnya anak-anak Tuhan membawa kehidupan dimanapun Tuhan tempatkan. Maka, kabinet akan hidup, parlemen akan hidup, perusahaan akan hidup, pernikahan akan hidup, dan Indonesia juga hidup.

Lukas 24:6-7 (TB) Ia tidak ada di sini, Ia telah bangkit. Ingatlah apa yang dikatakan-Nya kepada kamu, ketika Ia masih di Galilea, yaitu bahwa Anak Manusia harus diserahkan ke tangan orang-orang berdosa dan disalibkan, dan akan bangkit pada hari yang ketiga."

Yesus bisa mati karena Dia 100% manusia, tetapi Dia juga hidup kekal karena 100% Allah. Setiap manusia pasti mati.

Markus 16:11 (TB) Tetapi ketika mereka mendengar, bahwa Yesus hidup dan telah dilihat olehnya, mereka tidak percaya.

Para murid berkabung atas kematian Yesus karena mereka berharap Yesus akan menyelamatkan mereka. Namun, kematian Yesus membuat harapan itu sirna. Mereka tidak percaya bahwa Yesus bangkit. Kita pun mendengar kebangkitan Yesus dari para saksi mata. Tentu saja tidak mudah mempercayai hal ini.

Bahkan, ada yang menyatakan bahwa di Jepang telah ditemukan kuburan Yesus. Mungkin mereka melakukannya untuk meningkatkan wisatawan. Kalau kuburan Yesus ada di Jepang, mungkin orang Kristen akan ke sana sambil menikmati ramen. Wah, seharusnya orang Kristen membuat industri kreatif untuk meningkatkan pariwisata.

Hidup

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.