Sunday, October 1, 2023

From Glory to Glory to Glory ~ Ps.Caleb Natanielliem

Catatan Ibadah ke-1 Minggu 01 Oktober 2023

Akhir-akhir ini pak Caleb senang membaca tentang kereta api. Naik kereta api merupakan salah satu hobinya. Negara kita pun beruntung karena sudah mulai memiliki teknologi kereta cepat bernama Whoosh (Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Handal). Saat ini rutenya masih Jakarta-Bandung. Pak Caleb berharap suatu saat nanti bisa naik kereta Whoosh dari Surabaya ke Jakarta.

Selain Whoosh, pak Caleb juga ingin naik kereta lain, yaitu Trans-Siberia. Kereta ini menempuh perjalanan terpanjang sejauh ribuan kilometer selama 7 hari, melintasi 2 benua, dan beberapa negara dengan 7 zona waktu yang berbeda.

Namun, apapun jenis kereta pilihan kita, pastilah kita akan menemukan persamaannya, yaitu kita akan bertemu banyak orang dari berbagai latar belakang dengan berbagai kepribadian yang berbeda. Ada yang menjawab telepon dengan suara keras. Ada yang menjawab telepon sambil berbisik-bisik. Ada pula yang tidak mau melihat telepon sama sekali.

Kita pun akan melewati rute perjalanan yang sama. Ada kalanya kita melewati jurang. Ada kalanya kita melewati lorong yang gelap. Di London pak Caleb pun pernah naik kereta yang berada di dasar laut dan dia pun terus berdoa agar dinding yang berada di sekitar lorong kereta tetap kokoh. Ada kalanya kereta juga melewati tempat yang berhujan dan berbadai. Ada kalanya kita pun melewati langit yang cerah dengan pemandangan yang indah. Inilah tempat favorit kita.

Jika harus memilih, kereta mana yang akan Anda pilih? Karena sudah terbiasa dengan kereta lambat, pastilah kita akan memilih kereta cepat Whoosh. Kita memang selalu suka yang cepat, tetapi Tuhan lebih suka kereta yang lama, seperti Trans-Siberia. Dengan melewati proses yang lama Tuhan bisa memproses kita hingga makin serupa dengan Kristus.

Ada beberapa tips untuk melewati perjalanan hidup, antara lain:

1. Kita harus saling mengasihi.

Filipi 2:1 (BIS) Kalian kuat, karena kalian bersatu dengan Kristus. Dan kalian terhibur karena Kristus mengasihimu! Kalian dibimbing Roh Allah, dan kalian juga saling mengasihi serta menaruh belas kasihan satu sama lain.

Di gereja juga seperti di kereta. Tuhan akan mengumpulkan banyak orang yang hancur hati. Jika memperhatikan sekeliling, kita akan melihat orang-orang yang berbeda dari kita. Bahkan, kita akan bertemu dengan orang-orang yang mbencekno. Namun, bagi mereka kita juga mbencekno. Karena gereja merupakan kumpulan orang yang belum sempurna, tentulah gereja juga belum sempurna. Inilah sebabnya kita harus belajar mengasihi, seperti Yesus mengasihi kita.

2. Kita harus sehati dengan tujuan yang sama. Kalau tujuannya ke Jakarta, turunnya jangan di Semarang. Lalu apa tujuan kalian ke gereja? Seharusnya bukan hanya untuk menonton hal-hal rohani. Sebagai murid Kristus, kita diminta untuk memuridkan orang lain.

Filipi 2:2 (BIS) Nah, cobalah kalian betul-betul menyenangkan hati saya dengan hal-hal ini: Hiduplah sehati dengan kasih yang sama, dengan pikiran yang sama dan tujuan yang sama.

3. Kita harus rendah hati. Setiap orang berharga di mata Tuhan. Harga kita adalah sebesar nyawa Yesus. Dia rela disalib untuk menebus dosa kita karena kita sangat berharga bagi Dia.

Filipi 2:3 (BIS) Janganlah melakukan sesuatu karena didorong kepentingan diri sendiri, atau untuk menyombongkan diri. Sebaliknya hendaklah kalian masing-masing dengan rendah hati menganggap orang lain lebih baik dari diri sendiri.

4. Kita harus peduli dengan orang lain. Banyak perceraian terjadi karena masing-masing pihak masih egois atau hanya peduli dengan kepentingan diri sendiri.

Filipi 2:4 (BIS) Perhatikanlah kepentingan orang lain; jangan hanya kepentingan diri sendiri.

Ada seorang anak wanita yang merasakan kekosongan di hati. Lantas dia menemukan tayangan Youtube gereja dan mengikutinya. Pada akhirnya dia yakin bahwa dia telah menemukan hal yang selalu dicari-cari olehnya. Maka, dia berpamitan kepada orang tuanya, “Pa, Ma, saya berterima kasih kepada kalian, tetapi saya telah menemukan apa yang selama ini saya cari-cari di gereja.” Lalu dia datang ke gereja dan minta dibaptis.

Filipi 2:9 (BIS) Sebab itulah Allah mengangkat Dia setinggi-tingginya, serta memberikan kepada-Nya kekuasaan yang lebih besar daripada segala kekuasaan yang lain.

FOREVERMORE - GMS Live
Verse: Majesty wonderful Your name in all the earth. Marvelous glorious You are Our King of grace divine.
Pre Chorus: Jesus Name above all names. We raise our voice in praise. Jesus blessed redeemer. We lift our hands and sing.
Chorus: Holy holy God almighty. The glory of our Lord we praise forevermore. Faithful Saviour, Mighty Tower. The glory of our Lord we praise You Forevermore.
Bridge: Blessing and honour, Glory and power, Blessing and honour to You.

Mbencekno

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.