Sunday, September 10, 2023

Mengandalkan Tuhan - Pdt. Debby Basjir

Mengandalkan Uang
Catatan Ibadah ke-1 Minggu 10 Sept 2023

Yeremia 17:7 (TB) Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN!

Ada seorang ibu yang mau bunuh diri karena suaminya selingkuh. Kata bu Debby, "Ibu jangan terlalu bucin. Kok enak suamimu senang-senang, tetapi ibu malah binasa masuk neraka?" Kalau suami selingkuh, berdoa saja, "Hajar suamiku dengan cara-Mu."

Lalu ada suami yang menegur bu Debby, "Kenapa mengajari istriku untuk berdoa seperti itu?" Jawab bu Debby, "Karena Tuhan sendiri yang mengatakan bahwa Dia akan menghajar orang yang dikasihi-Nya dan menyesah anak-Nya."

Ibrani 12:6 (TB) karena Tuhan menghajar orang yang dikasihi-Nya, dan Ia menyesah orang yang diakui-Nya sebagai anak."

"Jadi, kalau Tuhan menghajar Bapak, artinya Bapak masih dikasihi oleh Tuhan." Ujar bu Debby lagi. Manusia bisa berubah-ubah. Ini sebabnya jangan mencintai pasanganmu melebihi cintamu kepada Tuhan. Dengan demikian, apapun yang terjadi, kamu tidak akan kecewa.

Yeremia 17:8 (TB) Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah.

Orang yang mengandalkan Tuhan akan tetap berbuah dalam segala musim, termasuk saat pandemi. Karena dia dekat dengan sumbernya, dia akan senantiasa bersukacita. 

Umur kita ada di tangan Tuhan. Umur kita tidak ditentukan oleh hasil medical check up. Kita bisa jaga makan dan rajin berolahraga, tetapi hal ini hanya menjaga kesehatan kita, bukan umur kita. Orang sehat pun bisa mati mendadak.

Ada seorang WL yang terlihat sangat bersukacita karena hasil medical check up-nya bagus. Gula darahnya bagus. Jantungnya bagus. Tekanan darahnya normal. Setelah memimpin pujian dia meminta beberapa orang untuk bersaksi, tetapi tak ada yang mau maju.

Maka, WL itu kembali maju dan hendak memimpin pujian lagi. Namun, tiba-tiba dia terjatuh dan meninggal. Dia meninggal dalam keadaan sehat. Mungkin karena terlalu bahagia. Sekalipun sehat, tiba-tiba bisa terkena serangan jantung.

Seseorang berkata, “Andaikata ada orang lain yang mau maju bersaksi, mungkin orang itu yang meninggal, bukan WL itu.” Namun, bu Debby menjawab, “Tidak. Malaikat tidak pernah salah saat menjemput seseorang.”

Ketika sehat, jangan sombong. Jangan berharap pada hasil medical check up. Andalkan Tuhan saja.

Yeremia 17:9 (TB) Betapa liciknya hati, lebih licik dari pada segala sesuatu, hatinya sudah membatu: siapakah yang dapat mengetahuinya?

Dengarkan suara Tuhan karena hingga kini Tuhan masih berbicara. Jika ada hamba Tuhan yang tidak bisa mendengar suara-Nya, ini karena dia tuli. Saat ini ada hamba Tuhan jadi-jadian. Mereka bisa meminta uang dengan membawa-bawa nama Tuhan.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.