Sunday, August 6, 2023

Rencana Keselamatan Tuhan ~ Ps. Frederick Abel

Rencana Keselamatan
Catatan Ibadah ke-1 Minggu 6 Agt 2023

Berulang kali Tuhan menyatakan rencana keselamatan-Nya kepada manusia. Lewat nabi Yehezkiel, Tuhan pun juga menyampaikannya kepada manusia.

Yehezkiel 34:15-16 (TB) Aku sendiri akan menggembalakan domba-domba-Ku dan Aku akan membiarkan mereka berbaring, demikianlah firman Tuhan ALLAH. Yang hilang akan Kucari, yang tersesat akan Kubawa pulang, yang luka akan Kubalut, yang sakit akan Kukuatkan, serta yang gemuk dan yang kuat akan Kulindungi; Aku akan menggembalakan mereka sebagaimana seharusnya.

Kita bisa berbaring jika merasa damai. Kedamaian ini tidak bisa kita dapatkan dari kekayaan. Jika tabungan naik karena banyak yang transfer, kedamaian naik. Jika tabungan turun, kedamaian turun. Ini adalah kedamaian roller coaster, bukan kedamaian yang sejati.

Sekalipun ada Toko Damai, tokonya tidak menjual damai, tetapi menjual semen. Kedamaian sejati hanya kita temukan di dalam Tuhan. Jadi, sekalipun tabungan naik atau turun, hati kita akan tetap damai. Inilah kedamaian sejati.

Nah, Tuhan sendiri yang ingin menggembalakan kita ke padang berumput hijau dan air tenang. Dia akan membuat kita berbaring atau damai.

Cerita Gembala ~ Ps. Robert Tedjasukmana

Tak seperti biasanya pak Robert memberikan cerita pembuka ibadah yang cukup panjang. Dia bercerita tentang seorang jemaat yang berhenti beribadah karena merasa tidak membutuhkannya lagi.

Gembala pun bertanya, "Sudah lama tak melihatmu ke gereja. Bagaimana kabarmu?" Jawab jemaat itu, "Iya, saya tidak mau ke gereja lagi karena di gereja ada tiga macam orang, yaitu orang yang selalu bermain HP saat ibadah, orang yang suka menggosip, dan orang Kristen yang munafik."

Lalu gembala berkata, "Oke, jika kamu mau berhenti ke gereja, coba bawa gelas berisi air ini dari ujung sini ke ujung sana, bolak-balik dua kali dan isinya jangan sampai tumpah. Bisa?"

Jemaat itu pun menyanggupinya karena pikirnya hal itu untuk hadiah perpisahan. Dia pun membawa gelas itu dengan penuh konsentrasi agar airnya tidak tumpah. Setelah itu dia mengembalikan gelas tersebut kepada gembala.

Lalu gembala itu bertanya, "Selama kamu membawa gelas ini, apa kamu melihat tiga macam orang Kristen yang bermain HP, menggosip, dan munafik?" Jawabnya, "Tidak karena tadi saya berkonsentrasi memperhatikan gelas agar airnya tidak tumpah."

Gembala berkata, "Jika kamu fokus kepada Tuhan, kamu juga tidak akan melihat orang Kristen yang semacam itu. Ini sebabnya ikuti Tuhan Yesus dan jangan ikuti orang Kristen."

Jika mengikuti orang Kristen, kita bisa kecewa. Namun, jika mengikuti Tuhan, kita tidak akan kecewa.

MENGIKUT YESUS
S’mua kar’na anug’rah-Mu hari ini ada. Bukan kar’na kuatku namun kar’na Roh-Mu.
Pre-Chorus: Kubawa hatiku, penyembahanku. Kus’makin berkurang, Yesus s’makin bertambah.
Chorus: Mengikut Yesus, Itulah kesukaan hatiku. Kulepas semua hakku untuk mengenal kehendak-Nya di hidupku. Mengiring Yesus, Itulah kekuatan hidupku. Kuyakin anug’rah-Nya mampu jadikanku hamba yang berkenan s’lalu.

Mengikuti Orang Kristen

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.