Sunday, August 27, 2023

Pembawa Solusi ~ Pdt. Leonardo Sjiamsuri

Menjadi Solusi
Catatan Ibadah ke-1 Minggu 27 Agustus 2023

Ketika kita meninggal, kira-kira bagaimana komentar orang-orang terhadap kita? Apakah mereka akan berkata, "Wah, syukur, akhirnya aku bebas, bebas menikah lagi, bebas ini dan itu" atau mereka justru bertanya, "Kenapa dia meninggal terlalu cepat?" Orang yang meninggal tidak mengetahui komentar orang-orang yang ditinggalkan. Namun, jika kematian kita mereka anggap terlalu cepat, berarti kita adalah pembawa solusi.

Tuhan ingin kita bekerja. Ini sebabnya di dalam Tuhan tidak ada kata pensiun. Pensiun hanyalah istilah yang dibuat oleh dunia. Saat ini banyak anak muda ingin pensiun muda pada usia 30 tahun. Justru kalau cepat pensiun, cenderung juga cepat mati karena Tuhan menciptakan kita untuk produktif. 

Setiap orang bisa dipakai oleh Tuhan dan tidak ada batasan umur. Ketika Kaleb berusia 85 tahun, dia berkata kepada Yosua bahwa kekuatannya masih sama seperti saat usianya 45 tahun. Jadi, umur 80 tahun pun tetap bisa dipakai oleh Tuhan.

1 Korintus 12:28 (TB) Dan Allah telah menetapkan beberapa orang dalam Jemaat: pertama sebagai rasul, kedua sebagai nabi, ketiga sebagai pengajar. Selanjutnya mereka yang mendapat karunia untuk mengadakan mujizat, untuk menyembuhkan, untuk melayani, untuk memimpin, dan untuk berkata-kata dalam bahasa roh.

Setiap orang dipakai secara berbeda sesuai dengan karunia yang Tuhan berikan. Jika dipakai untuk melayani, janganlah berkata kepada yang mengajar, "Kamu bisanya hanya mengajar, tetapi tidak pernah melayani." Ini karena setiap orang memang diberi karunia berbeda sehingga tidak boleh saling menyalahkan, seperti tangan yang tidak boleh menyalahkan kaki.

Orang yang dipakai oleh Tuhan juga tidak akan pernah berkekurangan. Dia akan menyediakan semua yang kita butuhkan. Maka, selayaknya di dalam Tuhan kita tidak pernah pensiun, tetapi hanya beralih fungsi. Mungkin suatu saat nanti kita sudah dikeluarkan dari susunan kerja gereja, tetapi kita akan beralih fungsi mengerjakan hal lainnya.

Orang yang sibuk menggunakan talentanya bagi Tuhan akan bisa mengatur waktunya hingga makin produktif. Ini karena dia menyadari bahwa hidup ini adalah untuk menjadi pembawa solusi.

BAPA ENGKAU SUNGGUH BAIK
Bapa, Engkau sungguh baik. Kasih-Mu melimpah di hidupku. Bapa, kuberterimakasih berkat-Mu hari ini yang Kau sediakan bagiku.
Kunaikkan syukurku buat hari yang Kau b'ri. Tak habis-habisnya kasih dan rahmat-Mu, s'lalu baru, dan tak pernah terlambat pertolongan-Mu. Besar setia-Mu di s'panjang hidupku.

Pemberi Solusi

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.