Sunday, July 30, 2023

Kebutuhan Pria ~ Pdt. Yonathan Wiryohadi

Happy Family
Catatan Ibadah ke-1 Minggu 30 Juli 2023

Ada yang berkata, "Pertengkaran adalah bumbu rumah tangga. Makin sering bertengkar, makin baik." Ini salah. Di Alkitab tidak ada firman yang membenarkan hal ini. Justru di dalam Mazmur 133 dikatakan bahwa berkat Tuhan dicurahkan jika ada kerukunan.

Mazmur 133:1, 3b (TB) Nyanyian ziarah Daud. Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun! Sebab ke sanalah TUHAN memerintahkan berkat, kehidupan untuk selama-lamanya.

Jika rukun, kita akan dikejar berkat Tuhan dan bukan mengejar berkat.

MENG FU DE ZI SUN
He deng di wei da Shangdi dui wo men de ci ai. Wo men si chu piao liu de zi sun dou bi ding meng fu. Ci ai de Shangdi jiang pin qiong bian wei fu zu. Gong yi de Shangdi shi ren bei wei ye shi ren gao gui.
He deng di meng fu na xie xin kao Shangdi de ren. Yi ren de zi sun yong bu que fa bing bu hui xiang ren tao fan. Shangdi hui cheng quan ta suo ying xu zhi sheng yan. Xin kao Shangdi de yi ren bi mei you bu ke neng de shi.

BERKAT ANAK CUCU
Begitu besar kasih Allah pada kita. Diberkatilah anak cucu kita di mana-mana. Tuhan mengubah miskin dan menjadikan kaya. Dia merendahkan dan meninggikan juga. Berbahagialah bagi orang yang percaya. Anak cucunya pasti tidak akan meminta-minta kar’na Allah menggenapi firman-Nya. Tiada yang mustahil bagi orang percaya.

Agar hubungan pernikahan bisa intim, kita perlu memahami kebutuhan pria dan wanita. Menurut Willard Harley, ada lima kebutuhan pria dan wanita yang paling utama.

Lima Kebutuhan Utama Pria:

1. Pemenuhan seksual. Baik diakui maupun tidak, kebutuhan utama pria adalah ini.

Anak pak Yonathan pernah bertanya, "Apa ini benar? Bukankah papa ini pendeta?" Anaknya berpikir bahwa pendeta tidak akan melakukan hal-hal yang biasa dilakukan oleh orang kebanyakan. Pak Yonathan menjawab, "Nanti kalau sudah besar, kamu akan mengetahui bahwa pendeta juga manusia."

Lalu ada wanita yang berkata kepadanya, "Jika malam hari, aku bisa melayaninya. Namun, jika siang hari, bagaimana?" Pertanyaan pak Yonathan sederhana, "Jika siang hari, apa kamu mau suamimu dilayani pembantu?" Tentu saja dia tidak mau. Maka, siang pun dia melayani suaminya. Mereka pun berbahagia.

Memang jika masih muda minta dilayani setiap hari, tetapi jika sudah seusia Om Yusuf, 49 tahun, belum tentu minta setiap hari. Namun, maaf, seharusnya bu Yusuf yang menjawab hal ini. Jika istri sudah puas dengan pelukan, suami belum cukup. Suami membutuhkan seks dan seringkali suami mau seketika itu juga. Padahal, istri perlu dipersiapkan dengan bahasa kasih terlebih dahulu.

2. Teman Rekreasi. Jika suami ingin bepergian dan istri enggan menemani, akhirnya suami akan pergi dengan temannya. Jika temannya pria, tak masalah, tetapi bagaimana jika temannya wanita? Hal ini bisa memicu cinta lokasi sesuai pepatah witing tresna jalaran saka kulina. Nenek bilang, "Ini berbahaya."

3. Pasangan yang Menarik. Ada suami yang mengeluh karena istrinya tidak mau memakai lipstik merah. Ada yang mengeluh karena istrinya jelek, pak Yonathan menjawab, "Itu pilihanmu." Jawabnya, "Ya, tapi makin hari, dia makin jelek." Jika mengalami hal semacam ini, ya belikan sesuatu untuk mempercantik istrimu, seperti baju, lipstik, parfum, dll.

4. Dukungan Domestik. Ketika suami pulang kerja, dia berharap di rumah disambut dengan hangat, bukan disambut dengan masalah. Seringkali saat suami pulang ke rumah, dia disambut oleh istri yang memakai daster dan bau bawang brambang. Padahal, di kantor dia didampingi sekretaris yang menarik.

5. Respek atau Penghargaan. Sekalipun suami pulang ke rumah tanpa membawa uang, istri harus tetap menghargainya. Berikan suami pelukan sehingga dia berpikir, "Tanpa bawa uang saja, aku masih dipeluk. Lain kali aku akan bawa uang lebih banyak untuk membahagiakannya."

Jadi, sekalipun suami pulang tanpa uang, jangan merendahkannya. Justru memberinya pelukan dapat menumbuhkan semangatnya agar berusaha lebih keras lagi.

Kebutuhan Wanita

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.