Friday, July 14, 2023

Beda Generasi

Konflik Beda Generasi
Catatan Ibadah ke-1 Minggu 09 Juli 2023

Jawab Shisuka, "Aku percaya bahwa aku:

* Terkecil dan Terlemah

Yesaya 60:22 (TB) Yang paling kecil akan menjadi kaum yang besar, dan yang paling lemah akan menjadi bangsa yang kuat; Aku, TUHAN, akan melaksanakannya dengan segera pada waktunya.

2 Korintus 12:9 (TB) Tetapi jawab Tuhan kepadaku: "Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna." Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku.

* Terlembut >> orang lembut juga bisa tegas, terutama jika ditekan secara berlebihan. Bukan raja Stones yang akan berkuasa.

Matius 5:5 (TB) Berbahagialah orang yang lemah lembut, karena mereka akan memiliki bumi.

* Paling Tak Kenal Takut

2 Samuel 22:30 (TB) Karena dengan Engkau aku berani menghadapi gerombolan, dengan Allahku aku berani melompati tembok.

>> Tentu saja paling tak kenal takut di antara orang-orang yang selalu cari aman karena takut kehilangan harta dan tahta. Namun, jika di antara para pahlawan iman, tentu saja ada yang lebih berani.

Shisuka tak menduga akan dijawab seperti itu. Baginya, itu bukanlah jawaban yang menyenangkan, tetapi tentu saja jawaban yang tepat pada saat yang tepat ... wkwwkw ...

Mazmur 116:7 (TB) Kembalilah tenang, hai jiwaku, sebab TUHAN telah berbuat baik kepadamu.

Beberapa hari kemudian seorang wanita memberi Shisuka ide untuk membagi jam kerja para staf baru raja ke dalam beberapa shift. Karena idenya lebih masuk akal daripada pencatatan manual, dia pun menerima saran tersebut.

Lalu dia menghubungi ahli teknologi dan menjelaskan kondisinya. Dia pun berbaik hati mencarikan pinjaman dua komputer lagi dan dia berhasil. Bahkan, dia akan meminta bantuan ahli mekanik untuk membuatkan dua meja dari kayu-kayu bekas. Dengan demikian, staf baru raja tidak perlu shift.

Sekalipun uang mereka tak sebanyak uang raja, hati mereka tuh jauh lebih kaya daripada hati raja. Sekalipun Shisuka tak membayar sepeser pun, mereka tetap mau membantunya. Inilah orang-orang kaya sejati yang telah disiapkan oleh Raja segala raja sebagai solusi baginya.

"Ya ampun, di sini meja saja sampai luruh ya...," celetuk salah satu abdi dalem Raja Stones.

Jawab Shisuka, "Bahkan, beberapa komputer juga sudah kupinjam secara gratis dari ahli teknologi dan staf raja lain.” Nah, Raja Stones yang miskin hati itu tidak mengetahuinya. Namun, andaikata dia mengetahuinya, seharusnya dia malu karena sudah mendapat banyak pinjaman gratis dari rakyatnya.

Ibrani 13:16 Siapa menaruh belas kasihan kepada orang yang lemah, memiutangi Tuhan, yang akan membalas perbuatannya itu.

Ya, anggap saja mereka berdonasi kepada raja miskin. Maka, Raja segala raja pasti membalas kebaikan mereka dengan mencurahkan berkat yang melimpah. Terbukti bahwa lebih berbahagia memberi daripada menerima. Raja Stones yang pelit sering berlimpah amarah, tetapi para penolong Shizuka berlimpah sukacita karena kebaikan hati mereka … hahaha ….

Amsal 14:31 Siapa menindas orang yang lemah, menghina Penciptanya, tetapi siapa menaruh belas kasihan kepada orang miskin, memuliakan Dia.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.