Friday, April 7, 2023

Meja Kasih Karunia ~ Ps. Caleb Natanielliem

Catatan Ibadah Jumat Agung ke-1 Minggu 7 April 2023

Simon mencari Yohanes karena ingin mengajaknya untuk mencari tempat makan untuk malam perjamuan terakhir bersama Yesus. Dia pun menanyakan keberadaan Yohanes kepada Yudas. Namun, Yudas mengatakan bahwa Simon tak perlu mencari Yohanes karena dia bisa membantu Simon.

Uang untuk menyewa tempat makan sudah dibawa oleh Yudas. "Soal uang jangan khawatir, kalau masih kurang, saya bisa carikan lagi yang lebih banyak." Beginilah tanggapan Yudas. Maka, Simon dan Yudas pergi bersama untuk memesan tempat makan.

Ketika malam tiba, Yesus dan kedua belas murid-Nya berkumpul bersama di tempat yang telah dipesan oleh mereka. Beberapa murid memuji keahlian mereka dalam memilih tempat makan. Lantas mereka saling berbincang dengan akrab di depan meja makan tersebut.

Dalam perjamuan tersebut Yesus menyatakan bahwa dirinya akan menderita. Namun, Yudas mempertanyakan hal itu padahal dia sudah berencana untuk menyerahkan Yesus. "Kau menuduhku?" tanya Yudas. Lantas Yesus memberinya sepotong roti dan memintanya untuk segera melaksanakan rencananya.

Yudas pun pergi. Sementara itu, Simon mengatakan bahwa dia tidak akan pernah meninggalkan Yesus. Katanya, "Sekali Yesus tetap Yesus." Namun, Yesus berkata kepadanya, "Kefas, sebelum ayam berkokok kau akan menyangkalku tiga kali." Simon terduduk dengan sedih.

Kemudian Yesus berpesan kepada para murid bahwa pencuri datang hanya untuk mencuri, membunuh, dan membinasakan. Dia pun memberikan pesan-pesan lainnya. Lantas dia mengambil roti, mengucap berkat, dan memecah-mecahkannya.

Markus 14:25 (TB) Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya Aku tidak akan minum lagi hasil pokok anggur sampai pada hari Aku meminumnya, yaitu yang baru, dalam Kerajaan Allah."

Begitulah sekilas drama dalam ibadah.

Table of Grace

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.