Sunday, January 8, 2023

Berjalan dalam Kelimpahan Kasih Karunia ~ Ps. Caleb Natanielliem

Walking in Abundant Grace

Catatan Ibadah ke-1 Minggu 08 Jan 2023

Amos 9:13 "Sesungguhnya, waktu akan datang," demikianlah firman TUHAN, "bahwa pembajak akan tepat menyusul penuai dan pengirik buah anggur penabur benih; gunung-gunung akan meniriskan anggur baru dan segala bukit akan kebanjiran.

Siapa yang mau membajak? Orang yang membajak tidak akan mendapatkan tepuk tangan. Mereka akan berada di belakang kerbau yang baunya tidak enak dan berjalan di atas lumpur. Mereka juga kelelahan dan kesakitan.

Setelah dibajak, tanah dan air itu akan kembali kering. Mereka tidak melihat hasil apa pun karena penabur baru mulai menaburkan benih setelah tanah selesai dibajak. Namun, Tuhan mengatakan bahwa pembajak akan menyusul penuai.

Pengirik juga biasa mengirik di tempat tersembunyi dengan batu giling yang besar. Mereka pun tidak melihat hasilnya. Namun, Tuhan mengatakan bahwa mereka akan menyusul penabur benih.

1. Tuhan Mau Mengembalikan Orang-Orangnya Yang Terhilang. Ini bukan mengambil jemaat gereja lain. Jemaat gereja lain merupakan milik mereka dan kita tidak perlu mengambilnya. Namun, Tuhan akan mengembalikan anak-anak-Nya yang telah hilang.

Amos 9:14 Aku akan memulihkan kembali umat-Ku Israel: mereka akan membangun kota-kota yang licin tandas dan mendiaminya; mereka akan menanami kebun-kebun anggur dan minum anggurnya; mereka akan membuat kebun-kebun buah-buahan dan makan buahnya.

Sorga bersukacita bukan karena tamu, supporter, atau partisipan yang datang ke gereja. Sorga bersukacita ketika anak hilang ditemukan kembali. Tuhan sendiri yang telah menempatkan mereka di dalam gereja ini. Selain itu, dia juga mau mendatangkan jemaat-jemaat baru.

2. Tuhan Akan Memuridkan Anak-anak-Nya.

Amos 9:15 Maka Aku akan menanam mereka di tanah mereka, dan mereka tidak akan dicabut lagi dari tanah yang telah Kuberikan kepada mereka," firman TUHAN, Allahmu.

Setelah dikumpulkan di dalam gereja, Tuhan mau memuridkan mereka. Maka, mereka tidak akan bisa dicabut lagi dari gereja-Nya. Ini sesuai waktu kairos Tuhan, bukan chronos. Ini demi kesempurnaan (teleios) rencana Tuhan.

3. Tuhan Akan Membangkitkan Pengutusan. Ini adalah amanat agung agar memberitakan Injil kepada semua orang. Pegang dadamu dan katakan, "Inilah aku, utuslah aku!"

BANGKITKAN AKU
Verse 1: Aku melangkah jalani hidup ini bersama dengan waktu yang terus melaju. Untuk apakah aku ada di sini Tuhan, kalau bukan untuk melayani-Mu?
Verse 2: Inilah aku di hadapan-Mu Tuhan bersama dengan segala yang kumiliki. Pakailah aku Tuhan sebagai alat-Mu, menyelamatkan jiwa yang terhilang.
Chorus: Bangkitkan aku, Bangkitkan aku. Jadikan aku hamba-Mu yang setia. Bangkitkan aku, Bangkitkan aku. Jadikan aku hamba-Mu yang berkenan.

Siapa yang Mau Membajak?

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.