Saturday, November 21, 2020

Munculnya Dampak ~ Pdt. Sukirno Tarjadi

Hidup yang Berdampak
Catatan Ibadah Online Minggu 22 Nov 2020

2. KESAKSIAN. Ini berupa kata dan karya. Seharusnya tanpa berkata-kata, hidup kita bisa menjadi suatu kesaksian. Orang Kristen selalu dituntut lebih tinggi daripada agama lain. Kita seringkali mendengar orang berkata: "Orang Kristen kok gitu?" Kita belum pernah mendengar kata-kata tersebut ditujukan kepada agama lain. Pak Sukirno juga pernah mengucapkan hal itu sebelum dia menjadi Kristen. Ini sebabnya hidup kita harus bisa menjadi kesaksian sebagai pengikut Yesus.

Fransiskus dari Asisi - pendiri Ordo Fransiskan: "Mari kita ke kota dan beritakan Injil, kalau perlu dengan kata-kata..." Selain kesaksian hidup, ada kalanya kata-kata juga diperlukan, misalnya untuk memotivasi orang yang patah semangat dan memberi mereka harapan.

3. DOA. Kuasa doa menembus batas-batas fisik. Banyak orang seringkali meremehkan kuasa doa. Ada seorang utusan dewan gereja nasional yang diminta melakukan survei gereja di Uni Soviet. Lalu dia membuat laporan seperti ini: "Gereja di sana tidak berfungsi. Di sana hanya ada nenek-nenek yang berdoa." Padahal, doa-doa itu punya kuasa. Pada akhirnya, Uni Soviet dijungkirbalikkan.

Dokter pun berdoa. Beberapa dokter mendoakan pasien secara umum. Beberapa dokter mendoakan pasien secara khusus. Beberapa dokter pun meminta agar pasien berdoa. Ini karena beberapa dokter menyadari bahwa kesembuhan pun melibatkan campur tangan Tuhan.

Wilbur Chapman merupakan seorang penginjil Amerika. Suatu hari dia ke Inggris untuk mengadakan Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) dan sudah menyewa gedung. Namun, yang hadir di sana hanya sedikit sehingga dia kecewa. Lantas seseorang berkata kepadanya: "Tenang pak pendeta. Saya dengar John Hyde mau mendoakan KKR ini." John Hyde terkenal sebagai Praying Hyde (Hyde yang berdoa). Ketika dia berdoa, sesuatu terjadi. Orang-orang mulai berdatangan ke sana. Chapman pun menangis karena merasakan kehadiran Tuhan di tempat itu. Padahal, selama berdoa John Hyde hanya diam. Ketika berbicara, dia hanya berucap: "Oh Tuhan".

Doa bisa menembus batas-batas fisik. Mungkin kita tidak bisa memasuki istana. Namun, doa-doa kita bisa menembus istana. Doa kita juga bisa mempengaruhi jalannya pemerintahan sekalipun kita tidak berada di parlemen. Maka, berdoalah. Doakan keluargamu. Doakan anak-anakmu. Doakan pula pendetamu. Jangan mengomel jika belum pernah mendoakan. Jika sudah mendoakannya, tentu tak akan mengomel lagi.

4. ROH KUDUS. Kuasa Roh membawa perbedaan.

Kisah Para Rasul 10:38 yaitu tentang Yesus dari Nazaret: bagaimana Allah mengurapi Dia dengan Roh Kudus dan kuat kuasa, Dia, yang berjalan berkeliling sambil berbuat baik dan menyembuhkan semua orang yang dikuasai Iblis, sebab Allah menyertai Dia.

Roma 5:15 Tetapi karunia Allah tidaklah sama dengan pelanggaran Adam. Sebab, jika karena pelanggaran satu orang semua orang telah jatuh di dalam kuasa maut, jauh lebih besar lagi kasih karunia Allah dan karunia-Nya, yang dilimpahkan-Nya atas semua orang karena satu orang, yaitu Yesus Kristus.

Kuasa Roh Kudus membuat seseorang beroleh pengampunan dosa. Jika ingin hidup kita berdampak positif, datanglah kepada Yesus dan serahkan hidup kita kepada-Nya. Maka, Saudara akan melihat bagaimana Dia akan mengubahkan hidup kita Menjadi Berkat dan Berdampak bagi banyak orang.

DIA SUNGGUH BAIK
Verse 1: Dia mati bagiku, Dia bangkit bagiku. Dia Tuhan Allah penyelamatku. Kuasa maut dipatahkan, hidupku dipulihkan. Dia Tuhan Allah kemenanganku.
Chorus: Dia sungguh baik, Dia sangat baik. Yesus Dia baik bagiku. Dia sungguh baik, Dia sangat baik. Yesus Dia baik bagiku.
Verse 2: Dia ada di dalamku, bergerak di hidupku. Dia Tuhan Allah kekuatanku. Dia penuhi hatiku dengan kuasa kasih-Nya. Dia Tuhan Allah kemenanganku.
Chorus (English): He is so good to you, He is so good to me. Jesus He's so good to you and me. He is so good to you, He is so good to me. Jesus He's so good to you and me.

Kesaksian dan Doa

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.