Saturday, November 21, 2020

Hidup yang Berdampak ~ Pdt. Sukirno Tarjadi

Catatan Ibadah Online Minggu 22 Nov 2020

Selain menonton acara di televisi, kita juga bisa menontonnya di aplikasi atau youtube atau situs lainnya. Lalu apa yang membedakan televisi dengan media online seperti youtube? Jika menonton di youtube, kita bisa menekan tombol pause, bisa dimaju-mundurkan pula. Namun, jika menonton di televisi, tidak ada fasilitas tersebut. Hidup kita juga memiliki waktu yang terbatas. Kita tidak bisa menekan tombol pause. Kita tidak bisa berhenti dulu jika ingin bernafas. Hidup terus berjalan dengan buru-buru.

Mazmur 90:10 Masa hidup kami tujuh puluh tahun dan jika kami kuat, delapan puluh tahun, dan kebanggaannya adalah kesukaran dan penderitaan; sebab berlalunya buru-buru, dan kami melayang lenyap.

Apa yang membuat hidup kita berbeda? Dampak. Tentu saja dampak yang dimaksud adalah dampak positif, bukan negatif. Proses Pertumbuhan Seorang Kristen, antara lain:
1. Tertanam
2. Bertumbuh
3. Berbuah
Anda sudah berada di tahapan mana? Apakah baru Tertanam? Apakah sedang Bertumbuh? Apakah sudah Berbuah / Berdampak? Berdampak artinya adalah kehadiran kita membawa suatu pengaruh tertentu, baik positif maupun negatif. Dampak hanya bisa dilihat jika kita berada di dalam persekutuan dengan orang lain.

Jika ingin mengetahui apakah kehidupan kita sudah berdampak, coba perhatikan bagaimana kehadiran kita di dalam keluarga atau komunitas lain. Saat kita hadir apakah orang lain menjadi lebih berdoa atau lebih berdosa? Saat kita hadir apakah orang-orang menjadi lebih ramah atau lebih marah? Saat kita hadir apakah orang lain menjadi lebih bahagia atau lebih sedih? Saat kita hadir apakah orang-orang menjadi lebih tenang atau resah? Bagaimana jika kita hadir ataupun tidak hadir, tak ada bedanya? Ini berarti hidup kita tidak berdampak.

Di sebuah pesawat ada seorang penumpang yang amat bau badan. Karena bau badannya, beberapa orang sampai pingsan. Maka, pramugari meminta dia berada di toilet. Sekalipun dia harus berada di toilet sepanjang penerbangan, bau badannya tetap menyebar. Alhasil, pesawat terpaksa mendarat darurat. Inilah salah satu contoh dampak negatif.

Dampak Muncul dari: pelayanan, kesaksian, doa, dan Roh Kudus.

1. PELAYANAN. Hanya ketika kita melayani, hidup kita berdampak. Jika tidak mau melayani, kita hanya memiliki 2 pilihan, yaitu hidup bagi diri sendiri atau minta dilayani. Kita bisa memilih hidup sendiri sehingga tidak merepotkan orang lain. Namun, kita juga tidak mau direpotkan sehingga hidup kita tidak berdampak. Jika hanya mau dilayani, hidup kita juga tidak akan berdampak positif.

Matius 20:28 sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang."

Pelayanan utama kita adalah keluarga. Tak ada gunanya berhasil dalam pelayanan di luar jika keluarga kita tidak terurus. Ini sebabnya Paulus berpesan kepada Timotius untuk memilih hamba Tuhan yang bisa mengelola keluarganya dengan baik. Ini bukan berarti harus sempurna 100% karena jika kita mencari yang sempurna, tentulah tak ada.

Billy Graham - America's evangelist (1918-2018) terkenal dengan pelayanannya yang mendunia. Namun, 3 dari 5 anaknya bermasalah dengan keluarganya. Ada anaknya yang bercerai lebih dari sekali. Meskipun demikian, karena kasih karunia Tuhan anak-anak Billy Graham pun dimampukan untuk melakukan pelayanan sekalipun kehidupan mereka sempat kacau.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.