Sunday, November 8, 2020

Extra Ordinary Life Impact ~ Ps. Caleb Natanielliem

Ordinary People
Catatan Ibadah Online Minggu 08 November 2020

Keluaran 3:11 Tetapi Musa berkata kepada Allah: "Siapakah aku ini, maka aku yang akan menghadap Firaun dan membawa orang Israel keluar dari Mesir?"

Ketika Musa masih muda dan berkuasa, dia menolong orang yang tertindas, tetapi dia malah dilaporkan kepada Firaun. Hal ini membuatnya trauma sehingga melarikan diri dari Mesir dan menjadi gembala. Ketika sedang menggembalakan ternak, Tuhan menjumpainya dalam semak belukar yang terbakar, tetapi daun-daun di sekitarnya tidak terbakar. Musa ada di sana karena Tuhan menempatkannya di sana.

Pada satu sisi, Musa tidak mau meninggalkan hadirat Tuhan yang luar biasa. Di sisi yang lain Musa sangat ingin melarikan diri. Tuhan juga sabar dan mengasihi kita. Tuhan ingin kita belajar dari Musa. Musa mengemukakan tiga keberatan ketika diutus oleh Tuhan.

Keluaran 4:1 Lalu sahut Musa: "Bagaimana jika mereka tidak percaya kepadaku dan tidak mendengarkan perkataanku, melainkan berkata: TUHAN tidak menampakkan diri kepadamu?"

Inilah keberatan pertama Musa. Kita pun seringkali bertanya 'Bagaimana'. Meskipun demikian, Tuhan mau menjawab Musa.

Keluaran 4:2, 17 TUHAN berfirman kepadanya: "Apakah yang di tanganmu itu?" Jawab Musa: "Tongkat." Dan bawalah tongkat ini di tanganmu, yang harus kaupakai untuk membuat tanda-tanda mujizat."

TONGKAT melambangkan usaha dan pekerjaan Anda. Dia ingin memakai usaha dan pekerjaan kita untuk kemuliaan-Nya apapun status kita. Tuhan bisa memaklumi walau kita hanya memiliki alat-alat sederhana. Tuhan akan berkenan memakainya asal kita mau serahkan untuk DIA pakai. Apapun keadaan saat ini -- engkau akan TETAP PUNYA TONGKAT di tanganmu. Engkau tidak akan kekurangan apapun yang engkau butuhkan.

Keluaran 4:10 Lalu kata Musa kepada TUHAN: "Ah, Tuhan, aku ini tidak pandai bicara, dahulu pun tidak dan sejak Engkau berfirman kepada hamba-Mu pun tidak, sebab aku berat mulut dan berat lidah."

Musa pun mengemukakan keberatan kedua, yaitu berat lidah. Namun, Tuhan memberinya solusi. Selain menggerakan Musa, Dia juga menggerakkan Harun untuk berbicara bagi Musa. Tuhan sendiri yang menciptakan Harun dan memberinya kemampuan.

Keluaran 4:14 Maka bangkitlah murka TUHAN terhadap Musa dan Ia berfirman: "Bukankah di situ Harun, orang Lewi itu, kakakmu? Aku tahu, bahwa ia pandai bicara; lagipula ia telah berangkat menjumpai engkau, dan apabila ia melihat engkau, ia akan bersukacita dalam hatinya.

Musa tidak akan berhasil tanpa bantuan Harun. Begitu pula sebaliknya. Karena Musa mau dipakai Tuhan, Harun pun ikut dipakai-Nya. Bukan hanya lidah Musa yang disertai Tuhan. Lidah Harun pun disertai-Nya. Harun merupakan saudara seperjuangan Musa yang Tuhan tempatkan dalam hidupnya.

Keluaran 4:15 Maka engkau harus berbicara kepadanya dan menaruh perkataan itu ke dalam mulutnya; Aku akan menyertai lidahmu dan lidahnya dan mengajarkan kepada kamu apa yang harus kamu lakukan.

Pertandingan iman yang Tuhan berikan kepada Anda adalah suatu beban, kerinduan, dan kesempatan yang Tuhan taruh di hati Anda untuk melayani. Tak ada yang dapat menggantikan Anda di dalam pertandingan Anda. Setiap DAMPAK hidup kita di Bumi, juga berdampak di Surga.

JESUS IT IS YOU
Who makes the sun to rise and bring the earth new life in every beam? Jesus it is You. Who turns the day to night and watches me as i begin to dream? Jesus it is You.
Who brings me food for my table, who cares for all of my needs, Who walks the road with me, Has grown with me through all that i have been? Jesus it is You, Jesus it is You.
So I lift my hands and I bring my song all of my days, all of my rights, all of my wrongs. I offer my life, here and beyond to the one thing true, Jesus it is You.
Who sees my brokenness and carries me when i am frail and weak? Jesus it is You. Who tells the storm to rest when i am overwhelmed and cannot speak? Jesus it is You.
Who wears my guilt on his shoulders, Who holds my heart in his hands, Who takes my thoughts and fears and hangs them on the arms of calvary? Jesus it is You, Jesus it is You.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.