Sunday, October 18, 2020

Servant of God ~ Ps. Frederick Abel

Catatan Ibadah Online Minggu 18 Okt 2020

Bacaan 1 Korintus 3:10-14 Dasar dan Bangunan
Ketika melayani di gereja, penonton utama kita bukanlah jemaat, melainkan Yesus. Kita melayani untuk menyenangkan Tuhan dan bukan untuk menyenangkan jemaat. Namun, jemaat juga diperlukan kehadirannya untuk memuji dan menyembah Tuhan.

1 Korintus 1:26 Ingat saja, saudara-saudara, bagaimana keadaan kamu, ketika kamu dipanggil: menurut ukuran manusia tidak banyak orang yang bijak, tidak banyak orang yang berpengaruh, tidak banyak orang yang terpandang.

Pelayan Tuhan bukan hanya orang yang melayani di gereja atau mimbar gereja. Mereka yang melayani anak yatim di luar gereja juga termasuk pelayan Tuhan. Kita semua bisa melayani Tuhan dimanapun kita ditempatkan asalkan memiliki hati yang murni. Yang Allah cari: hati yang lurus dan mengasihi Dia. Mengapa? 1 Korintus 1:27-28
* Apa yang bodoh bagi dunia dipakai oleh Allah untuk mengalahkan hikmat dunia.
* Apa yang tampak lemah bagi dunia dipakai oleh Allah untuk memalukan yang kuat bagi dunia.
* Apa yang tidak terpandang, hina, dan tidak berarti dipakai oleh Allah untuk meniadakan yang berarti bagi dunia.

Tuhan tidak memilih orang berdasarkan hikmat dunia. Kita tidak bisa mengatakan bahwa orang tersebut memang pantas dipilih karena pintar atau kuat atau bertalenta. Kita melayani bukan karena talenta yang kita punya. Jika bisa melayani, jangan berpikir bahwa kita ini istimewa atau spesial. Janganlah ada orang yang bermegah diri di hadapan Tuhan.

1 Korintus 1:29 supaya jangan ada seorang manusia pun yang memegahkan diri di hadapan Allah.

Kenneth E. Hagin: "Jangan berkata aku memilih pelayanan ini, karena sebenarnya kamu tidak dapat memilih, tetapi Allah yang memilih setiap orang untuk ditempatkan di dalam pelayanan." Kita melayani bukan karena kebetulan memiliki kemampuan yang dibutuhkan. Kita melayani bukan karena kebetulan ada di tempat tersebut. Di dalam Tuhan tidak ada kebetulan. Kita tidak bisa memilih dimana kita ditempatkan. Kita juga tidak memiliki talenta secara kebetulan. Semua sudah ada dalam perencanaan Tuhan.

1 Korintus 3:11 Karena tidak ada seorang pun yang dapat meletakkan dasar lain dari pada dasar yang telah diletakkan, yaitu Yesus Kristus.

Pelayanan memiliki 2 kunci utama, yaitu:
1. Yesus adalah Dasar.
2. Pribadi yang meletakkan dasar.

YESUS adalah DASAR / PONDASI.

Pak Frederick pernah bersandar pada salah satu dinding rumahnya dan dinding itu terasa bergoyang. Lalu dia coba membongkar dinding tersebut. Ternyata dindingnya hanya didirikan di atas keramik sehingga tidak berpondasi kuat. Dinding ini hanya merupakan sekat pembatas antar ruangan. Maka, dengan mudah dinding tersebut dibongkar. Sebab tanpa pondasi, bangunan tidak akan dapat berdiri dengan kuat. Dengan PONDASI, maka kuatlah bangunan itu berdiri. Semakin kuat pondasinya, semakin tinggi bangunan itu dapat berdiri.

Pelayan Tuhan

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.