Sunday, June 21, 2020

Cara Membaharui Pikiran ~ Pdt. Leonardo A. Sjiamsuri

Catatan Ibadah Online Minggu 21 Juni 2020
Roma 12:2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.
Pikiran kita harus DILATIH dan DIPROGRAM ULANG, DIBERIKAN INSTRUKSI, dan DITAKLUKKAN kepada firman Tuhan. Jika pikiran tidak dilatih mengikuti instruksi firman Tuhan, kita akan menjadi sama seperti orang dunia. Maka dari itu, kita harus mengalami pembaharuan pikiran. Pikirkan hal-hal yang baik, manis, sedap didengar, dan patut dipuji.
Filipi 4:8 Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.
Senjata Kristus
Sekalipun kita masih hidup di dunia, kita tidak boleh berjuang secara duniawi dengan mengandalkan pikiran kita yang terbatas. Kita harus menaklukkan pikiran kita kepada Kristus.
2 Korintus 10:3-4 Memang kami masih hidup di dunia, tetapi kami tidak berjuang secara duniawi, karena senjata kami dalam perjuangan bukanlah senjata duniawi, melainkan senjata yang diperlengkapi dengan kuasa Allah, yang sanggup untuk meruntuhkan benteng-benteng.
2 Korintus 10:5-6 Kami mematahkan setiap siasat orang dan merubuhkan setiap kubu yang dibangun oleh keangkuhan manusia untuk menentang pengenalan akan Allah. Kami menawan segala pikiran dan menaklukkannya kepada Kristus, dan kami siap sedia juga untuk menghukum setiap kedurhakaan, bila ketaatan kamu telah menjadi sempurna.
Cara Membaharui Pikiran, yaitu:
1. Merenungkan firman Tuhan. Merenungkan berarti tidak sekedar membaca Alkitab. Namun, senantiasa memikirkan kembali firman yang kita baca lalu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
2. Pikirkan perkara yang di atas. Ada 4 hal yang bisa mempengaruhi pikiran kita, yaitu iblis, manusia, dunia, dan Tuhan. Pastikan pikiran kita hanya dipengaruhi oleh Tuhan karena Dialah sumber hikmat sejati.
3. Kendalikan dan taklukkan pikiran. Pikiran kita bisa kemana-mana dan mengendalikan kita. Namun, jangan biarkan hal itu terjadi. Pastikan kitalah yang mengendalikan pikiran kita.
4. Pikirkan yang benar. Caranya dengan senantiasa merenungkan firman Tuhan.

RINDU S'LALU
Rindu s'lalu bersama-Mu tinggal di dalam kediaman-Mu oh Tuhan s'bab kusukai hadirat-Mu. Tak ingin kuterpisahkan. Dekat dengan-Mu itu yang kurindukan s'bab kudapati kedamaian.
Chorus: Kunikmati keindahan dan keagungan-Mu oh Tuhan. Kunikmati kemuliaan-Mu, menyembah-Mu dengan segenap hatiku.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.