Sunday, March 15, 2020

Tuhan Sibuk Mencari Habel ~ Pdt. Bambang Budijanto

Tuhan Sibuk Mencari Asa
Catatan Ibadah ke-1 Minggu 15 Maret 2020

2. Tuhan mencari orang yang memiliki roh Habel, yaitu orang yang memiliki kepedulian atau tidak egois.
Kejadian 4:9 Firman TUHAN kepada Kain: "Di mana Habel, adikmu itu?" Jawabnya: "Aku tidak tahu! Apakah aku penjaga adikku?"
Kain diberi tugas mengurus tanah, sedangkan Habel bertugas mengurus ternak. Keduanya memberikan persembahan kepada Tuhan. Namun, persembahan Kain ditolak karena:
a. Dia tidak memberi sepenuh hati. Habel memberi sepenuh hati. Dia memberikan yang terbaik yang bisa dia berikan. Nah, Tuhan mencari orang yang mau memberikan yang terbaik dengan tulus seperti Habel.

Kalahkan Ketakutanb. Sebagai gembala, dia tidak mempedulikan domba-dombanya dan hanya mementingkan diri sendiri. 
Ketakutan yang tidak diatasi dapat menimbulkan kepanikan. Kepanikan yang tidak diatasi dapat menimbulkan sikap defensif hingga tak peduli lagi dengan keadaan orang lain karena yang terpenting hanya menyelamatkan diri sendiri.

Ketika Tuhan bertanya kepada Kain tentang Habel, sebenarnya Dia sudah tahu keberadaan Habel. Namun, Tuhan bermaksud membuat Kain kembali memiliki roh kepedulian atau kasih karena semula Habel ada di hatinya. Namun, Kain salah mengerti sehingga dia mengatakan bahwa dia tidak tahu dimana adiknya. Hatinya tidak lagi dipenuhi kepedulian terhadap Habel karena terisi dengan kemarahan. Dia tidak mau bertanggung jawab.

Dosa pertama yang masuk ke dalam dunia adalah hilangnya tanggung jawab. Seandainya saat itu Adam mengambil tanggung jawab dengan berkata: “Ini salahku karena tidak bisa membimbing Hawa”, mungkin keadaan akan menjadi baik. Kita harus mau mengambil tanggung jawab dan tidak menyalahkan orang lain, seperti Yesus yang mau bertanggung jawab atas dosa seluruh dunia sekalipun dia tidak berdosa.

Perintah Tuhan yang pertama berbunyi: "Kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap hatimu..." Perintah utamanya bukanlah "Takutlah atau taatlah kepada Tuhan Allahmu, tetapi kasihilah Tuhan." Taat itu baik, tetapi tak berguna jika tidak disertai kasih.

c. Berbagi berkat. Ketika Habel masih ada di hatinya, Kain selalu berbagi berkat dengannya. Namun, sekarang dia hanya hidup bagi dirinya sendiri. Tuhan mencari orang yang mau berbagi.

WHEN I SAY that I LOVE YOU
You feel that you're lonely, It doesn't prove you are alone. You feel that nobody wants you, doesn't mean that no one cares about you. Listen to the words I say: For I will always be by your side, You mean everything to Me, I will never leave you cause I love u so.
You think that youre nothing. Before Me you are something beautiful. You think that you cant do anything, But you can do a lot of things with Me. Listen to the words I say: That I will always be by your side, You mean everything to Me, I will never leave u cause I love u so.
When I say that I love you, it means I give the best for you. When I say that I love you, I will give everything for you. No more fear about the future and blame for the past. I'll give everything when I say that I love you.
I want you to know that I died for you, I want you to know that I give all My life for you when I say that I love You.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.