Sunday, March 29, 2020

Berkat Terselubung Allah ~ Ps. Robert Tedjasukmana

Catatan Ibadah Online Minggu 29 Mar 2020
Roma 8:28 Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.
Ketika keadaan baik, kita bisa mengatakan bahwa Tuhan turut bekerja. Namun, ayat tersebut mengatakan bahwa sekalipun keadaan tidak baik, Tuhan pun turut bekerja karena Dia bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia.

Mungkin saat ini kita merasa tidak nyaman karena harus terus menerus berada di rumah. Anak-anak di rumah mungkin sudah sangat ingin bepergian. Kita juga tidak bisa bersalaman, berpelukan, dan beribadah bersama. Hal-hal semacam ini pada akhirnya akan membuat kita menghargai hubungan dengan sesama. Betapa pentingnya mereka.
Yeremia 25:1 Firman yang datang kepada Yeremia tentang segenap kaum Yehuda dalam tahun keempat pemerintahan Yoyakim bin Yosia, raja Yehuda, yaitu dalam tahun pertama pemerintahan Nebukadnezar, raja Babel.
Yehuda pun pernah mengalami ketidaknyamanan. Yeremia 25 mencatat bahwa Yehuda akan dibuang ke Babel tujuh puluh tahun lamanya. Ini waktu yang sangat lama. Di sana ada satu tokoh, yaitu Nebukadnezar yang dipakai dalam peristiwa pembuangan Yehuda. Yehuda terpisah dari Israel. Israel pun diserahkan kepada musuhnya.
Yeremia 25:4 Juga TUHAN terus-menerus mengutus kepadamu semua hamba-Nya, yakni nabi-nabi, tetapi kamu tidak mau mendengarkan dan memperhatikannya.
didikan teguranSelama 40 tahun Yeremia telah memberikan teguran kepada mereka untuk bertobat dan tidak memuja berhala, tetapi mereka tidak mendengarkan. Bukankah ini hampir sama dengan keadaan kita sekarang? Kita tidak bisa mengandalkan jabatan, kekayaan, kepandaian, atau ibadah kita. Jika kita terjangkit covid, ya sudah, semua itu tidak bisa menolong kita. Hanya Tuhan Yesus yang bisa memberikan pengharapan.

Inilah kesempatan kita untuk memberitakan keselamatan dalam Tuhan Yesus, terutama kepada mereka yang ketakutan. Namun, jika kita masih diberi tubuh yang sehat, ini bukan karena kekuasaan, kepandaian, kekayaan, atau ibadah kita. Ini semata-mata karena kasih karunia Tuhan.
Ezra 1:1 Pada tahun pertama zaman Koresh, raja negeri Persia, TUHAN menggerakkan hati Koresh, raja Persia itu untuk menggenapkan firman yang diucapkan oleh Yeremia, sehingga disiarkan di seluruh kerajaan Koresh secara lisan dan tulisan pengumuman ini:
Sekitar 47 tahun kemudian ada berita baik. Tuhan membuat Koresh mengalahkan Nebukadnezar dan mengambil alih kerajaan Babel. Lantas orang Yehuda boleh pulang kembali ke rumah masing-masing.
Ezra 1:2 "Beginilah perintah Koresh, raja Persia: Segala kerajaan di bumi telah dikaruniakan kepadaku oleh TUHAN, Allah semesta langit. Ia menugaskan aku untuk mendirikan rumah bagi-Nya di Yerusalem, yang terletak di Yehuda.
Bayangkan, kata-kata semacam itu bisa diucapkan oleh orang yang tidak mengenal Tuhan. Ini karena Dia digerakkan untuk membangun bait Allah di Yerusalem. Tuhan akan mendatangkan kebaikan bagi kita semua yang mengasihi Dia. Ini sesuai tema gereja tahun ini, yaitu Tuhan ingin memurnikan kita agar sepenuhnya beribadah kepada-Nya. Lewat pemurnian kita akan bertumbuh. Inilah kebaikan-Nya.

S'BAB DIA HIDUP
Versi 1: Anak Allah, Yesus nama-Nya Menyembuhkan, menyucikan. Bahkan, mati, tebus dosaku. Kubur kosong membuktikan Dia hidup.
S'bab Dia hidup, ada hari esok. S'bab Dia hidup, ku tak gentar. Kar'na kutahu Dia pegang hari esok, Hidup jadi berarti s'bab Dia hidup.
Versi 2: Yesus Kristus, Juru S'lamatku, Kau Rajaku, Kau Tuhanku. Kau t'lah bangkit hidup s'lamanya dan mem'rintah atas bumi s'bagai Raja.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.