Sunday, March 22, 2020

Be Strong: Kenal Tuhan ~ Ps. Caleb Natanielliem

Catatan Ibadah Online Minggu 22 Mar 2020

Di tengah situasi saat ini banyak orang tidak mengerti apa yang sedang terjadi. Sesuatu yang tadinya jauh dan tidak ada hubungan dengan kita, tiba-tiba sampai juga di depan rumah kita. Banyak orang kebingungan dan tak tahu harus berbuat apa berkaitan dengan Corona dan kondisi perekonomian. Banyak pula yang dikelilingi oleh orang-orang yang tidak bisa lagi melihat kebaikan Tuhan. Bangsa Israel juga pernah mengalami hal yang sama. 40 tahun lamanya bangsa Israel mengembara di padang gurun. Agar kuat menghadapi situasi seperti itu, kita harus: mengenal Tuhan, mempercayai rencana-Nya, beriman, dan menomorsatukan Tuhan.

MENGENAL TUHAN
Bilangan 20:2-3 Pada suatu kali, ketika tidak ada air bagi umat itu, berkumpullah mereka mengerumuni Musa dan Harun, dan bertengkarlah bangsa itu dengan Musa, katanya: "Sekiranya kami mati binasa pada waktu saudara-saudara kami mati binasa di hadapan TUHAN!
Pada tahun ke-40 bangsa Israel menghadap Musa, tetapi mereka bukanlah generasi pertama yang meninggalkan Mesir. Mereka adalah generasi muda yang tidak mengenal Tuhan. Mereka tidak melihat tulah-tulah terhadap Mesir dan tidak mengingat hukum yang Tuhan berikan. Mungkin mereka juga tidak ingat ketika Tuhan membelah Laut Merah.

Ketika mengalami kekeringan, generasi ini malah kembali terkenang akan masa lalu. Mereka melihat masa lalu lebih baik daripada masa kini. Bahkan, mereka menuntut Musa dan Harun. Mereka menuntut manusia untuk memberikan solusi. Di tengah situasi sekarang juga banyak orang-orang yang kehausan dan membutuhkan pertolongan. YSKB pun kebanjiran orang-orang yang merasa terjangkiti virus itu. Hari-hari ini banyak orang membutuhkan rasa aman dan hiburan.

rumput hijauNamun, kita jangan seperti generasi muda Israel itu yang menghadapi masalah seolah-olah tanpa Tuhan. Saat berusia 6 tahun anak pak Caleb menggambar pak Caleb yang sedang tersenyum dan dia berterima kasih atas semua hal baik yang telah diperbuat pak Caleb bagi dirinya. Ketika seorang anak menggambar orang tuanya, dia sedang menggambarkan ekspektasinya terhadap orang tua. Jika ekspektasinya tidak dipenuhi, hal ini akan menghancurkan si anak. Jika orang tua di dunia ini memahami hal itu, terlebih lagi orang tua kita di Sorga. Dia tidak mungkin tidak bertanggung jawab terhadap kehidupan kita.

Izinkan Tuhan memperkenalkan Diri-Nya sendiri sekali lagi kepadamu, seperti ketika Dia memperkenalkan Diri kepada Musa. Ketika Musa ingin melihat wajah Tuhan, Dia mengatakan bahwa hal itu tidak bisa karena Musa akan binasa jika memandang wajah-Nya. Meskipun demikian, Tuhan penuh kasih dan punya cara. Dia meminta Musa bersembunyi di dalam lekuk gunung sehingga ketika Tuhan lewat, Musa dapat melihat belakang-Nya pada saat Dia memperkenalkan Diri-Nya sendiri.
Keluaran 34:5-6 Turunlah TUHAN dalam awan, lalu berdiri di sana dekat Musa serta menyerukan nama TUHAN. Berjalanlah TUHAN lewat dari depannya dan berseru: "TUHAN, TUHAN, Allah penyayang dan pengasih, panjang sabar, berlimpah kasih-Nya dan setia-Nya,
Ini Tuhan sendiri yang berseru memperkenalkan Diri-Nya, bukan MC. Jika selama ini Tuhan telah menjadi perisai kita, Dia akan terus menjadi perisai kita. Dia akan selalu melindungi kita, baik kita sadari maupun tidak kita sadari. Engkau akan menjadi kuat ketika engkau berusaha mengenal Tuhanmu.

Jika saat ini Anda mengikuti himbauan untuk social distancing, Anda sedang membantu agar virus tidak tersebar. Selain itu, Anda bisa memanfaatkan momen seperti ini untuk merenungkan sosok Tuhan yang Anda kenal. Lalu catatlah di atas kertas atau di wallpaper ponsel untuk bisa dibaca setiap hari.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.