Sunday, February 23, 2020

Sukacita karena Tuhan ~ Pdt. Leonardo Sjiamsuri

Catatan Ibadah ke-1 Minggu 23 Feb 2020

Dari tahun lalu pak Leo sudah mengatakan bahwa pada tahun 2020 kita akan menghadapi goncangan dalam perekonomian. Namun, dia tidak menyangka bahwa kejadiannya akan secepat ini. Pada awal tahun 2020 sudah ada wabah Corona. Selain itu, pak Leo juga pernah menyampaikan bahwa ada seorang teolog yang menyatakan bahwa Indonesia akan terkenal bukan karena gempa atau masalah lainnya. Ini terjadi sekarang.

Indonesia terkenal karena tidak terkena Corona. Banyak yang mengemukakan pendapatnya terkait hal ini. Ada pendapat yang benar dan ada pula yang ngaco. Indonesia memiliki anti Corona, yaitu jamu. Banyak orang Indonesia suka minum jamu yang mengandung jahe, kencur, dan kunyit. Selain itu, orang Indonesia suka makan Batman, Sponge Bob, Tom and Jerry...ckckck... Namun, pak Leo paling setuju dengan pendapat Dr.Terawan - seorang hamba Tuhan yang menyatakan bahwa Indonesia bebas Corona karena ada banyak yang berdoa.

Biar susah asal senangDunia akan selalu berusaha menekan kita, tetapi kita akan mampu bertahan, bahkan menerobosnya jika kekuatan di dalam kita lebih besar daripada tekanan di luar. Kita tidak bisa menekuk kaleng soda jika di dalam masih ada isinya. Kayu juga tidak bisa dipatahkan dengan mudah, kecuali jika bagian dalamnya telah lapuk dimakan rayap. Maka dari itu, Tuhan lebih peduli dengan apa yang ada di dalam diri kita daripada apa yang ada di luar diri kita.
Nehemia 8:11 Lalu berkatalah ia kepada mereka: "Pergilah kamu, makanlah sedap-sedapan dan minumlah minuman manis dan kirimlah sebagian kepada mereka yang tidak sedia apa-apa, karena hari ini adalah kudus bagi Tuhan kita! Jangan kamu bersusah hati, sebab sukacita karena TUHAN itulah perlindunganmu!"
Nehemiah 8:10 Then he said unto them, Go your way, eat the fat, and drink the sweet, and send portions unto them for whom nothing is prepared: for this day is holy unto our Lord: neither be ye sorry; for the joy of the LORD is your strength.
Dalam bahasa Indonesia dikatakan bahwa sukacita karena Tuhan adalah perlindungan kita. Namun, versi bahasa Inggris lebih tepat karena dikatakan bahwa sukacita karena Tuhan adalah kekuatan kita. Ada seorang hamba Tuhan yang punya prinsip 'Biar susah asal senang'. Rupanya dia mengikuti prinsip di Alkitab.
Habakuk 3:17 Sekalipun pohon ara tidak berbunga, pohon anggur tidak berbuah, hasil pohon zaitun mengecewakan, sekalipun ladang-ladang tidak menghasilkan bahan makanan, kambing domba terhalau dari kurungan, dan tidak ada lembu sapi dalam kandang,
Apakah ayat tersebut menyiratkan sukacita? Tidak. Ayat tersebut menceritakan kesusahan. Namun, di ayat berikutnya kita bisa melihat bahwa sukacita adalah keputusan.
Habakuk 3:18 namun aku akan bersorak-sorak di dalam TUHAN, beria-ria di dalam Allah yang menyelamatkan aku.
Aku BatmanOrang yang bersedih hati tidak enak dilihat dan biasanya cenderung mengurung diri sehingga tidak bisa menemukan jalan keluar dari permasalahannya. Alhasil, orang yang bersusah hati bisa bunuh diri pula. Sebaliknya, jika kita bersukacita, kita akan menjadi kreatif dan disukai oleh teman-teman sehingga kita dapat menemukan jalan keluar dari permasalahan kita.
Amsal 15:13 Hati yang gembira membuat muka berseri-seri, tetapi kepedihan hati mematahkan semangat.
Ada seorang wanita yang ditinggal mati suaminya pada usia 32 tahun padahal ketiga anaknya masih kecil. Teman-temannya pun meminta dia agar tidak berlarut-larut dalam kesedihan. Hal ini memang tidak mudah, tetapi kita harus memutuskan untuk bersukacita.
Agama Kristen merupakan agama yang paling banyak nyanyiannya. Jadi, sebenarnya kita sudah dilatih untuk senantiasa bersukacita. Manfaat sukacita adalah menyehatkan tubuh. Orang yang senantiasa bersukacita akan memiliki tubuh dan jiwa yang sehat karena senyuman itu seperti senam wajah.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.